Bisa Bikin Aki Tekor, Fitur Y-Connect Yamaha NMAX Sering Bermasalah?

Bisa Bikin Aki Tekor, Fitur Y-Connect Yamaha NMAX Sering Bermasalah?
Jumat, 24 Februari 2023 13:00
Afrizal Abdul Rahman

Yamaha memiliki fitur canggih yang disematkan untuk model All New NMax 155. Fitur tersebut diberi nama Y-Connect. Fitur ini sendiri berfungsi menghubungkan motor dengan ponsel melalui sambungan Bluetooth.

Namun, dikabarkan fitur tersebut mengalami masalah, yang mana dapat membuat aki motor jadi tekor. Hal ini pun pernah dialami salah satu pengguna NMax yang tak ingin disebutkan namanya.

"Motor itu keluaran 2021. Sebenarnya selama pemakaian 1 tahun masih aman, tapi belum lama ini ada masalah dimana lampu speedometer redup ketika rpm rendah," katanya kepada OtoRider.

Kondisi di atas terjadi ketika pengguna Yamaha NMax tersebut tak memakai kendaraannya selama sekitar dua hari. Saat motor kembali ingin digunakan, masalah di atas justru muncul.

"Jadi hari Jumat itu terakhir pakai, dan Sabtu-Minggu motor di rumah. Pas Senin mau bawa motor lagi muncul masalahnya," tambahnya.

   Baca Juga: Seberapa Aman Fitur Keyless Motor Yamaha? Ini Jawabannya

Dengan kejadian tersebut, pengendara ini awalnya mengira hanya masalah aki saja yang tekor. Ia kemudian mengganti dengan aki baru. Ia mengatakan tak ada masalah seperti di atas selama sekitar dua bulan. Namun, ketika motor tak digunakan lagi, masalah di atas kembali muncul.

Fitur Y-Connect Yamaha Aerox 155 Connected

"Kejadianya sama. Jadi ditinggal dua hari tidak digunakan muncul lagi. Ya sudah coba bawa ke bengkel resmi dan kabel yang konek ke handphone dicabut, motor normal lagi," ucapnya.

OtoRider pun mencoba mengonfirmasi masalah di atas ke bengkel resmi Yamaha yang berada di sekitar Jawa Barat. Ketika dikonfirmasi, benar saja banyak yang mengalami masalah serupa.

   Baca Juga: Tak Terlalu Mahal, Segini Biaya Duplikat Kunci Motor Jenis Laser Cut

"Iya ada beberapa pengguna NMax yang mengalami masalah serupa," kata salah satu punggawa bengkel resmi Yamaha yang tak ingin disebutkan namanya.

Meski demikian, ia menyatakan Yamaha sudah mempersiapkan diri untuk mengatasi masalah tersebut. Bagi yang bermasalah, bisa langsung bawa ke bengkel resmi Yamaha terdekat. "Nanti akan dicek terlebih dahulu, dan bisa segera diganti," ujarnya.

Fitur Y-Connect sendiri terdiri dari beberapa komponen. Di antaranya adalah CCU (Communication Control Unit) yang berfungsi sebagai sistem kontrol unit untuk koneksi fitur Y-Connect melalui smartphone.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.