BMW Motorrad Lakukan Recall pada S1000R dan S1000XR

BMW Motorrad Lakukan Recall pada S1000R dan S1000XR
Senin, 13 Februari 2023 08:00
Ruslan Abdul Gani

BMW Motorrad melakukan penarikan kembali atau recall terhadap produknya untuk diperbaiki. Adapun produk yang disinyalir mengalami masalah terjadi pada BMW S1000R sebanyak 270 unit dan S1000XR 484 unit lansiran 2020-2023. 

BMW mengklaim pertama kali mengetahui kesalahan ini setelah terjadi kecelakaan di Prancis yang melibatkan S1000XR 2022. Insiden serupa dilaporkan di Turki dan kemudian di Belgia pada tahun yang sama.

   Baca Juga: Bardahl Perkenalkan Pelumas XTC Scooter 10W-30 dan XT Scooter 10W-40

BMW Mottorad Lakukan Recall Pada S 1000 R dan S1000 XR

Penarikan produk ini diduga karena kesalahan pengaturan yang mungkin telah mengembalikan pengaturan bantuan pengendara tanpa peringatan. Menurut dokumen yang diajukan ke Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA), masalah ini memengaruhi mode "Dynamic Pro", bantuan berkendara yang dapat disesuaikan yang termasuk dalam fitur mode berkendara Pro.

Pemilik motor dapat mempersonalisasi pengaturan "asisten pengangkat roda depan", yang menerapkan kontrol traksi untuk mengurangi torsi mesin jika motor mengetahui bahwa roda depan tidak menyentuh tanah. Pengaturan biasanya diingat saat berkendara. Tetapi setelah pembaruan perangkat lunak yang diinstal oleh diler, semua pengaturan dalam fitur Dynamic Pro kembali ke pengaturan pabriknya, atau dengan kata lain dimatikan sepenuhnya.

BMW Mottorad Lakukan Recall Pada S 1000 R dan S1000 XR

Masalahnya adalah tidak ada tanda peringatan kepada pemilik bahwa hal ini telah terjadi. Sehingga, motor tersebut mungkin tidak sesuai yang diharapkan oleh pengendaranya. NHTSA mengklaim kesalahan ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan dan menyebabkan kecelakaan.

   Baca Juga: Sempat Vakum, Ajang Ride & Camp Kembali Digelar Eiger Riding

Sebagai upaya memperbaiki situasi ini, BMW mengeluarkan edaran tentang penarikan produk untuk melakukan perbaikan secara gratis dan akan mulai menghubungi pemilik pada 28 Maret. Dalam sebuah surat, BMW memberi tahu pemilik tentang kemungkinan perubahan dalam pengaturan Dynamic Pro. Modul kontrol mesin diperbarui dengan versi perangkat lunak yang ditingkatkan dan akan bisa menunjukkan bahwa mereka dapat mengubah pengaturan kembali ke tingkat pilihan yang diinginkan.

Sumber: autovolution

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.