Bukan Dihilangkan, Pertalite Hanya Diefisienkan?

Bukan Dihilangkan, Pertalite Hanya Diefisienkan?
Jumat, 8 September 2023 12:00
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Pada pemberitaan sebelumnya, PT Pertamina berencana menghapus bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite pada 2024. BBM tersebut kabarnya bakal diganti dengan Pertamax Green 92.

Namun, informasi ini dibantah oleh Menteri BUMN, Erick Thohir. Menurutnya, kabar Pertamax dicampur etanol memang sedang diperbincangkan, tapi tidak berarti Pertalite dihapus.

"Yang ngomong siapa? Kan tidak pernah ada statement Pertalite dihapuskan, tidak pernah ada loh. Tetapi efisiensi penggunaan Pertalite harus terjadi," kata Erick di Banten dikutip dari Antara, Kamis (7/9).

   Baca Juga: Pengganti Pertalite Akan Dijual Lebih Mahal?

Ia menyebut, BBM bersubsidi itu perlu diefisienkan agar penggunaan BBM RON 90 tersebut tepat sasaran. Bisa dibilang subsidi Pertalite banyak yang salah sasaran. "Jangan orang mampu beli bensin subsidi, itu kan enggak boleh. Nah, itulah kenapa yang namanya Pertamax tetap ada," papar Erick.

Erick juga berharap, kalangan masyarakat yang mampu sebaiknya mengonsumi bahan bakar rendah emisi dengan campuran bioetanol. "Di Brasil itu 67% mobil pakai bioetanol, akhirnya [kualitas] udaranya biru. Jadi, kita harus dorong," tutur Erick.

   Baca Juga: Punya Mesin Baru, Apakah Honda CT125 Bisa Diisi Pertalite?

Mengenai harga Pertamax Green 92, nantinya pangsa pasar jenis bahan bakar itu sulit untuk disubsidi. "Di negara lain, campuran bioetanol-nya itu masuk. Tapi kan harganya lebih mahal, kalau semuanya harus disubsidi, mungkin pemerintah sulit," ujar Erick, Selasa (5/9).

Pertamax Green 92 sendiri merupakan bagian dari Program Langit Biru Tahap 2 yang masih dibahas secara internal dan belum diputuskan. Jadi, masih ada kemungkinan Pertalite/Pertamax tetap dijual pada tahun depan. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.