Canggih! 15 Menit, ETLE Drone Bisa Jaring 12 Pelanggar Lalu Lintas

Canggih! 15 Menit, ETLE Drone Bisa Jaring 12 Pelanggar Lalu Lintas ETLE Drone.
Jumat, 8 Desember 2023 18:58
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Pengemudi kendaraan saat ini harus lebih tertib berlalu lintas. Karena, pengawasan terhadap pelaku pelanggaran lalu lintas sudah semakin maju, yakni dengan menggunakan teknologi canggih seperti Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) Drone.

Penggunaan E-TLE Drone mulai diuji coba Satlantas Polres Jepara bersama Ditlantas Polda Jateng. Dalam uji coba tersebut, didapatkan 12 pelanggar dalam waktu 15 menit. 

"Kebanyakan roda dua dan roda empat. Roda dua itu terkait helm, lalu ada berboncengan 3, juga roda empat tidak menggunakan sabuk keselamatan," kata KasiGarSubditGakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah, Kompol Indra Hartono dikutip dari Korlantas Polri, Kamis (30/11).

Ia menjabarkan, keunggulan menggunakan E-TLE Drone yaitu dapat terbang sampai 20 meter dan menjangkau pelanggaran sejauh satu sampai tiga kilometer. "Pelanggar yang dimaksud adalah pelanggaran kasat mata seperti tidak menggunakan helm, tidak menggunakan sabuk pengaman, muatan berlebih, ataupun kendaraan yang tidak lengkap," papar Indra.

Tak hanya Polda Jawa Tengah, setelah mengoperasikan E-TLE melalui kamera yang ditempatkan pada jalan raya, kini Polresta Tangerang juga menerapkan E-TLE Drone.

Kepala Satlantas Polresta Tangerang, Kompol Fikry Ardiansyah mengatakan pihaknya sedang menguji coba tilang E-TLE yang menggunakan drone tersebut. “Ini merupakan salah satu inovasi Satlantas Polresta Tangerang dalam penilangan,” kata Fikri dikutip dari NTMC Polri, Jumat (10/2).

Walaupun uji coba masih dalam tahap riset, penggunaan drone ini diklaim merupakan bentuk tindak lanjut dari perintah Kapolri melalui Kakorlantas Mabes Polri. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.