Gesits Tunggu Subsidi Motor Listrik Direalisasikan Pemerintah

Gesits Tunggu Subsidi Motor Listrik Direalisasikan Pemerintah
Senin, 27 Februari 2023 08:00
Ruslan Abdul Gani

Rencana pemerintah mengenai pemberian subsidi kepada pembeli motor listrik sedang ditunggu berbagai pihak. Salah satunya produsen motor listrik buatan Tanah Air yaitu Gesit. 

Direktur Utama PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) selaku manufaktur Gesits, Bernardi Djumiril mengatakan pihaknya memang menunggu pemerintah mewujudkan rencana itu supaya meningkatkan ekosistem kendaraan elektrik di Tanah Air.

   Baca Juga: Punya Warna Baru, Segini Harga Kawasaki Ninja 250

Gesit Tunggu Subsidi Motor Listrik

"Kami sangat bersyukur bahwa untuk meramaikan ekosistem elektrik, khususnya dua roda mungkin besarannya untuk motor kurang lebih Rp 6,5 juta-Rp 7 juta. Jadi, kami sedang menunggu sosialisasi sistem (subsidinya) penukarannya bagiamana, mekanismenya sedang menunggu juga," ujar Bernardi di JIExpo Kemayoran, Jakarta beberapa waktu lalu.

Kemudian, Bernardi juga merasa bersyukur adanya kebijakan subsidi motor listrik. Sebab, nantinya diharapkan bisa mendorong masyarakat beralih dari kendaraan konvensional ke elektrik.

Gesit Tunggu Subsidi Motor Listrik

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah akan memberikan subsidi pada motor listrik sebesar Rp7 juta. Dia menyebut hal tersebut merupakan hasil dari rapat dengan Arifin Tasrif selaku Menteri ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) hingga Budi Karya Sumadi sebagai Menteri Perhubungan.

   Baca Juga: Masalah Nilai Jual Kembali, Bikin Era Elektrifikasi Indonesia Lambat?

Kompensasi tersebut akan diberikan kepada masyarakat yang membeli kendaraan elektrik khusus diproduksi di Indonesia. Kebijakan tersebut dilakukan berdasarkan kajian perbandingan dari negara lain yang memiliki kemajuan dalam bidang ini. Dengan adanya subsidi, diharapkan bisa mendorong produsen otomotif agar dapat meningkatkan produksi kendaraan listriknya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.