Ini Syarat Menjadi Instruktur Safety Riding Honda, Berminat?

Ini Syarat Menjadi Instruktur Safety Riding Honda, Berminat?
Sabtu, 17 Juni 2023 12:30
Benny Averdi

Kamis (15/6) lalu, OtoRider bertandang ke kawasan Greenhill Indonesia International Center (GIIC) di Deltamas, Karawang, Jawa Barat atas undangan PT Astra Honda Motor (AHM). Undangan ini bertujuan untuk menghadiri final Astra Honda Safety Riding Instructor Competition (AHSRIC) 2023.

Ajang tersebut menguji sekaligus mengalibrasi kompetensi instruktur safety riding Honda melalui The 14th Astra Honda Safety Riding Instructors Competition (AHSRIC) 2023. Kegiatan ini diklaim menjadi bagian dari upaya perusahaan menyiapkan instruktur safety riding yang terlatih untuk mendukung terciptanya budaya aman dan nyaman dalam berkendara di tengah masyarakat.

   Baca Juga: Standarisasi Baterai, Hambatan Pengembangan Motor Listrik Indonesia?

Sebelum maju ke tingkat nasional, para peserta kompetisi AHSRIC 2023 telah mengikuti kompetisi di tingkat regional pada Februari-Mei lalu. Kompetisi ini secara total diikuti oleh 148 instruktur safety riding, 2.475 advisor safety riding dealer Honda, dan 1.414 advisor safety riding komunitas Honda dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

Dari hasil seleksi di tingkat regional, terpilih 175 peserta yang siap berlaga di kompetisi tingkat nasional yaitu 18 instruktur kelas big bike, 43 instruktur kelas sport, 8 instruktur kelas skutik, 20 tim instruktur group main dealer, dan 8 tim instruktur Safety Riding Center.

Dealer-dealer Honda pun turut aktif dalam kampanye safety riding dengan menurunkan 27 advisor dealer. Selain itu, 55 advisor komunitas kelas sport dan 24 komunitas kelas skutik juga turut serta pada ajang bergengsi tahunan ini.

Namun, ada hal yang cukup menggelitik, yakni siapa sajakah yang bisa menjadi intruktur safety riding Honda tersebut? "Instruktur safety riding dapat berasal dari berbagai kalangan, dari karyawan Honda maupun dari yang lain, seperti komunitas maupun perorangan, yang memiliki minat yang kuat terhadap keselamatan bermotor," terang Johannes Lucky, Safety Riding Manager AHM. Tentunya, setelah lolos dari seleksi khusus yang sudah ditentukan.

   Baca Juga: Bakal Berlaga di Ajang Internasional, Ini Jawara Kompetisi AHSRIC

Salah satu contoh, yang merupakan instruktur namun berasal dari kalangan luar dealer maupun karyawan AHM adalah Amizar Maas, instruktur dari PT Daya Adicipta Motora, Bandung. "Saya dulu adalah freestyler motor, kemudian berpikir, kalau kemampuan saya ini bisa dimanfaatkan untuk masyarakat banyak, kemudian saya bergabung di safety riding instructor di main dealer, dilatih untuk menjadi instruktur dan juga diajarkan public speaking, agar bisa menyampaikannya dengan baik ke masyarakat," ujar juara kelas Sport yang akan berlaga di ajang Asia & Oceania di Thailand nanti.

Lantas, bagaimana jika ingin mendapatkan pelatihan safety riding Honda? Jika merupakan anggota komunitas, daftarkan komunitas ke main dealer setempat, agar kemudian bisa dijadwalkan untuk mendapatkan pelatihan safety riding ini.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.