Jaga Tampilan dan Performa Motor Tetap Maksimal, Lakukan 3 Hal Ini!

Jaga Tampilan dan Performa Motor Tetap Maksimal, Lakukan 3 Hal Ini! Ilustrasi servis motor di bengkel resmi.
Senin, 9 Oktober 2023 17:14
Thio Pahlevi

OTORIDER - Pengecekan serta perawatan motor secara berkala tentu harus dilakukan setiap pemilik kendaraan. Tak hanya menjaga tampilan motor agar tetap kinclong, perawatan juga bisa membuat performa mesin tetap terjaga. Lantas, apa saja yang perlu Anda lakukan guna menjaga tampilan serta performa motor supaya selalu maksimal?

Dirangkum dari berbagai sumber, terdapat tiga hal utama yang bisa dilakukan oleh pemilik motor, yakni melakukan perawatan serta memerhatikan jadwal servis berkala, rutin membersihkan motor, dan servis di bengkel resmi guna memastikan selalu mendapat suku cadang original dan berkualitas.

Servis berkala sebuah motor yang dianjurkan oleh pabrikan umumnya dilakukan setiap empat kali setahun. Pertama saat motor baru memasuki 1.000 km. Kemudian, pada 3.000 km, 8.000 km, dan 12.000 km. Setiap periode servis tersebut tentunya diikuti dengan pengecekan dan penggantian komponen yang usia pakainya sudah habis.

Perawatan yang kedua adalah rutin membersihkan motor. Pembersihan ini bisa dengan cara sering mencuci motor, khususnya ketika setelah dipakai di kondisi hujan. Saat berkendara di kondisi hujan, kotoran dan lumpur berpotensi menempel di sela-sela bodi motor.

Saat hujan, beberapa daerah umumnya juga mengalami banjir. Bila Anda terpaksa melewati banjir, maka pemeriksaan ekstra harus dilakukan. Di antaranya seperti mengecek sela-sela bodi dari potensi adanya kotoran yang tertinggal, sistem pengapian, dan sistem pelumasan motor. Kotoran yang menempel tentunya berisiko besar menimbulkan karat jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama.

Hal-hal tersebut bisa Anda lakukan dengan membawa motor ke bengkel resmi. Keaslian komponen dan jaminan kualitas layanan menjadi salah satu keunggulan dari bengkel resmi. Selain itu, masa garansi kendaraan juga tetap terjaga bila rutin melakukan perawatan di bengkel resmi. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.