Jangan Terlewat! Minyak Rem Motor Wajib Diganti Tiap Kilometer Segini

Jangan Terlewat! Minyak Rem Motor Wajib Diganti Tiap Kilometer Segini
Selasa, 27 Juni 2023 21:50
Nabiel Giebran El Ri

Minyak rem adalah salah satu komponen penting di sistem pengereman motor. Pada tipe cakram, minyak rem punya fungsi untuk menyalurkan dorongan dari piston kecil di master rem ke piston di kaliper.

Oleh karena itu, minyak rem harus diperhatikan juga kondisinya. Sebab, hal ini sangat berpengaruh pada sistem pengereman. Salah satunya dengan dikuras dan diganti secara berkala. Lalu, kira-kira kapan waktu yang tepat melakukan penggantian minyak rem?

   Baca Juga: Aturan Baru, Bikin SIM Kini Harus Punya Sertifikat Mengemudi?

“Kalau patokan kilometer itu biasanya setiap 15-20 ribu kilometer sekali, minyak rem harus dikuras dan diganti. Tapi itu cuma patokan saja ya, mungkin bisa jadi lebih cepat atau lebih lama, tergantung dari pemakaiannya juga,” ujar Indra Gunawan, Service Advisor Yamaha Kurnia Jaya Motor, Sukahati.

Ciri Minyak Rem Enggak Layak Pakai

   Baca Juga: Minyak Rem Motor Tercampur Air, Efeknya Bisa Bikin Bahaya

“Kita bisa melihat dari lubang intip minyak rem, jika warnanya sudah agak keruh kecokelatan itu sebaiknya harus segera diganti,” terang Indra.

Indra menambahkan, biasanya kalau pengendara sering melakukan hard braking ketika riding, akan membuat minyak rem lebih cepat diganti. Karena, minyak rem jadi cepat mendidih sehingga menimbulkan uap. Nah, uap ini yang bakal menjadi air dan berpotensi tercampur dengan minyak rem.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.