Kasus Rangka eSAF, Dua Lembaga Negara Imbau Honda untuk Recall

Kasus Rangka eSAF, Dua Lembaga Negara Imbau Honda untuk Recall
Jumat, 25 Agustus 2023 21:00
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Dua lembaga negara yakni Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) mengimbau PT Astra Honda Motor (AHM) untuk melakukan recall terkait permasalahan rangka ehanched Smart Architecture Frame (eSAF). Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PTKN) Kemendag mengatakan recall tersebut merupakan bentuk tanggung jawab AHM bagi para konsumen.

"Ini sudah menyangkut perlindungan konsumen, memang ada kewajiban dari pelaku usaha untuk melindungi para konsumen," ujar Ketua Tim Pengawasan dan Penindakan Produk Logam dan Elektronik Ditjen PTKN, Binsar Panjaitan dikutip dari laman Kompas.com, Kamis (24/8).

   Baca Juga: Honda Temukan Rangka eSAF Berkarat dan Patah, Bagaimana Garansinya?

Sementara itu, Ketua BPKN Republik Indonesia, Rizal Halim mengungkapkan AHM perlu melakukan investigasi dan recall karena berkaitan dengan nyawa konsumen.

"Saya rasa kalau memang harus di-recall, ya harus di-recall. Tetapi perlu identifikasi batch ke berapa produksi rangka yang bermasalah dan bagaimana mekanisme recall-nya untuk menjamin keamanan dan kenyamanan konsumen. Karena ini taruhannya nyawa jika terjadi (patah) di jalan raya," kata Rizal dikutip dari berbagai sumber.

   Baca Juga: Klarifikasi Rangka eSAF Honda di Mata Akademisi

Sementara itu Pengamat Otomotif, Yannes Martinus Pasaribu mengatakan jika masalah rangka patah atau keropos melibatkan banyak unit motor dan ditemukan pada berbagai model, ini dapat menunjukkan bahwa masalah tersebut memiliki dampak yang signifikan.

"Keputusan untuk melakukan recall harus dipertimbangkan dengan matang dan dilakukan dengan transparansi. Hal ini terkait keselamatan pengendara dan penumpang akibat berpotensi menyebabkan kecelakaan fatal," ujar Yannes saat dihubungi OtoRider, Jumat (25/8).

Ia menambahkan, recall dapat membantu melindungi konsumen, memperbaiki masalah produk, dan membangun kembali kepercayaan konsumen terhadap merek. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.