Kementerian ESDM Beri Pelatihan Konversi Motor Listrik pada Warga Jakarta

Kementerian ESDM Beri Pelatihan Konversi Motor Listrik pada Warga Jakarta
Senin, 30 Januari 2023 11:00
Ruslan Abdul Gani

Dalam rangka mendukung perkembangan elektrifikasi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan pelatihan kepada 22 warga DKI Jakarta tentang konversi motor bermesin bensin menjadi motor listrik.

Pelatihan ini adalah angkatan I yang merupakan hasil kerja sama antara Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) serta Balai Besar Survei dan Pengujian (BBSP) KEBTKE.

   Baca Juga: Subsidi Motor Listrik Bukan untuk Konsumen di Pulau Jawa?

Harapannya, melalui pelatihan tersebut semakin banyak bengkel yang bisa melakukan konversi motor listrik. Selain itu, supaya mempercepat era elektrifikasi nasional atau penggunaan kendaraan listrik sebagai transportasi harian.

Vespa Listrik Elettrico Elders Garage

"Penggunaan kendaraan pribadi menjadi salah satu penyumbang konsumsi bahan bakar fosil yang meningkatkan emisi dan memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan dan lingkungan," ujar Kepala PPSDM KEBTKE, Susetyo Edi Prabowo dikutip dari laman Kementerian ESDM.

Susetyo menjelaskan kebijakan transisi energi telah dibuat, yakni menggantikan penggunaan sumber energi fosil menjadi sumber energi baru dan terbarukan secara bertahap, dengan target 23% penggunaan energi baru dan terbarukan pada 2025.

Hal itu didorong pula oleh komitmen Indonesia untuk mengurangi emisi hingga 29% pada 2030. Salah satu misi dari capaian transisi energi ini adalah peralihan dari kendaraan berbahan bakar BBM menuju penggunaan kendaraan listrik.

Vespa Listrik Elettrico Elders Garage

"Sepeda motor menjadi salah satu target dari konversi penggunaan kendaraan listrik, mengingat sepeda motor merupakan andalan mobilitas masyarakat indonesia karena aksesibilitas dan keterjangkauannya. Sepeda motor BBM konvensional dapat dikonversi menjadi sepeda motor listrik, namun dengan tetap mengedepankan performa serta kualitas sehingga layak untuk dipakai sehari-hari," ungkapnya.

   Baca Juga: Gencarkan Tilang Elektronik, Jakarta Tambah 70 Titik Kamera di 2023

Sebagai langkah menyukseskan program konversi sepeda motor listrik, Kementerian ESDM melaksanaan pelatihan "Konversi Sepeda Motor BBM menjadi Sepeda Motor Listrik" ini. "Diharapkan rangkaian kegiatan ini dapat menghasilkan sumber daya manusia yang andal dalam melaksanakan kegiatan konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.