Kementerian ESDM Buat Platform Digital Khusus Konversi Motor Listrik

Kementerian ESDM Buat Platform Digital Khusus Konversi Motor Listrik
Jumat, 24 Maret 2023 08:00
Ruslan Abdul Gani

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah mengembangkan platform digital untuk mendukung program konversi sepeda motor konvensional berbahan bakar fosil menjadi listrik. Hal ini pun disampaikan oleh Agus Tjahajana Wirakusumah selaku Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Pengembangan Industri Sektor ESDM.

"Untuk mendukung program konversi, Kementerian ESDM mengembangkan platform digital yang merupakan layanan satu pintu proses konversi yang terdiri dari empat bagian utama," kata Agus Tjahajana Wirakusumah melalui keterangan resminya.

   Baca Juga: Fitur Makin Lengkap, AHM Rilis Honda Gold Wing 1800 Model Terbaru

Pertama, terkait dengan media daring (online) pendaftaran bagi masyarakat pemilik motor BBM, yang ingin melakukan konversi motor listrik. Kedua, media bagi bengkel konversi untuk menyelesaikan tahapan administrasi dan pelaporan hasil konversi. Ketiga adalah media verifikasi kualitas motor hasil konversi bengkel dan komponen utama oleh Kementerian ESDM, melalui Balai Besar Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (KEBTKE). 

Honda CB 100 Dikonversi Jadi Motor Listrik , Tampangnya Dibikin Tetap Orisinal

Keempat, platform yang terintegrasi dengan kementerian/lembaga terkait untuk mendukung keberhasilan program konversi seperti Kementerian Perhubungan, Kepolisian, Online Single Submission (OSS) Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Kementerian Dalam Negeri, dan lain-lain.

Agus menjelaskan tahapan penyelesaian platform digital konversi motor listrik tersebut saat ini dalam proses integrasi ke server Kementerian ESDM dan diharapkan selesai paling lambat akhir Maret 2023.

Ubahan Konversi Motor Listrik

"Selanjutnya, akan mulai dibuka kepada masyarakat untuk mendaftarkan pada awal bulan depan. Platform digital konversi motor listrik dapat diakses oleh masyarakat melalui alamat website https://ebtke.esdm.go.id/konversi," ujar Agus.

   Baca Juga: Bertambah Lagi, Ini Daftar Merek Motor yang Dapat Subsidi

Kemudian, Kementerian ESDM berharap melalui platform digital tersebut, masyarakat dapat memonitor progres setiap tahapan konversi sampai motor selesai dikonversi. Selain itu, juga diharapkan dengan adanya program konversi motor listrik ini bisa menghemat biaya bahan bakar sebesar Rp2,77 juta per tahun per pengendara.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.