Mengenal Perangkat Supreme Teknologi Oversuspension, Apa Itu?

Mengenal Perangkat Supreme Teknologi Oversuspension, Apa Itu?
Sabtu, 6 Mei 2023 15:00
Ruslan Abdul Gani

Seiring perkembangan jaman, teknologi pada sepeda motor terus mengalami peningkatan dan semakin canggih. Salah satu komponen yang cukup kekinian adalah teknologi oversuspension.

Fungsi dari teknologi tersebut dapat membuat suspensi sepeda motor lebih efektif dan efisien kinerjanya. Oversuspension adalah teknologi yang dikembangkan oleh Nicola Bragagnolo dari Italia pada 2018.

   Baca Juga: Setelah Gear 125, Yamaha Luncurkan Warna dan Grafis Baru MX King 150

Teknologi ini dikembangkan bersamaan dengan berdirinya perusahaan Supreme Technology. Teknologi tersebut diklaim dapat memberikan penambahan performa bagi sepeda motor yang menggunakannya.

Mengenal Perangkat Supreme Teknologi Oversuspension

Pada dasarnya, oversuspension terdiri dari peredam tambahan kecil yang dipasang di poros roda belakang. Kinerjanya menangani baik tekanan yang diterima suspensi maupun pantulan elastis ban, menghasilkan gaya anomali yang memengaruhi suspensi.

Selain itu, alat tersebut juga mengandalkan inersia yang menyerap getaran pada mesin. Sehingga, membuat suara mesin sepeda motor lebih halus dan tidak berisik. Komponen peredam getaran ini diklaim bisa meningkatkan stabilitas, pengereman serta performa mesin.

Mengenal Perangkat Supreme Teknologi Oversuspension

   Baca Juga: Ragam Pilihan dan Harga Oli Mesin Motor Matic per Mei 2023

Komponen oversuspension sebenarnya sudah diuji coba sejak 2019 di beberapa ajang balap seperti WSBK dan kejuaraan Motocross. Soal harganya di pasaran, model standar oversuspension ini dibanderol sekitar Rp5,6 jutaan. Sedangkan, untuk sepeda motor enduro dan off-road berharga Rp5,1 jutaan.

Sumber: Supreme Technology

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.