Pabrikan Motor Jual Rangka, Apakah Hal yang Biasa?

Pabrikan Motor Jual Rangka, Apakah Hal yang Biasa?
Rabu, 13 September 2023 16:00
Thio Pahlevi

OTORIDER - Komponen penting pada motor salah satunya adalah rangka atau sasis. Komponen ini memiliki beberapa fungsi penting, di antaranya seperti menunjang keseluruhan konstruksi dan menentukan handling serta karakter berkendara sebuah motor. Bila rangka rusak, maka terdapat dua opsi, yakni diperbaiki atau membeli komponen baru.

Lantas, apakah sebuah hal yang lazim bila pabrikan motor menjual rangka? PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pun menjadi salah satu pabrikan yang menyediakan komponen itu sebagai spare part atau suku cadang. Antonius Widiantoro selaku Asst. General Manager Marketing - Public Relation YIMM memberikan penjelasannya.

   Baca Juga: Tabel Klasemen Sementara MotoGP 2023 Usai Seri San Marino, Italia

"Itu bagian dari spare part kan. Jadi kami juga harus menjamin bahwa produk yang kami jual juga spare part-nya ada. Kalau memang misalkan orang tidak punya opsi mengganti rangka, kasihan dong. Tapi, untuk mengganti rangka itu membutuhkan proses. Harus dibuat lagi, disesuaikan dengan jadwal produksi, kemudian juga numbering-nya," ucap Anton, sapaannya saat ditemui OtoRider beberapa waktu lalu.

Aktivitas kunjungan pabrik produksi motor Yamaha 2023

Yamaha sendiri memberikan garansi pada komponen rangkanya. Anton mengatakan rangka masuk ke dalam garansi umum. Garansi ini berlaku untuk keseluruhan tipe rangka motor Yamaha.

   Baca Juga: Alami Kecelakaan Karena Rangka eSAF Motor Honda, Bagaimana Nasib Konsumen?

"Semuanya (tipe rangka), karena rangka itu masuk ke garansi umum. Garansi umum itu satu tahun atau 12.000 km, tergantung mana yang dicapai terlebih dulu. Yamaha berani memberikan jaminan kualitas, 12.000 km atau satu tahun, mana yang tercapai lebih dulu," kata Anton. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.