Pembelian BBM Pertalite Akan Segera Dibatasi

Pembelian BBM Pertalite Akan Segera Dibatasi
Kamis, 9 Februari 2023 09:00
Gemilang Isromi Nuar

Wacana pembatasan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite tampaknya tidak hanya untuk mobil. Sepeda motor juga dikabarkan bakal kena pembatasan BBM dengan RON 90 ini.

Pada Revisi Perpres No. 191 Tahun 2014 mengatur mengenai jenis-jenis kendaraan yang boleh menggunakan BBM subsidi. Sejumlah kendaraan mobil dan sepeda motor yang tidak sesuai kriteria dilarang membeli BBM jenis Pertalite.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif memastikan telah menerima usulan terkait kriteria mobil dan motor yang berhak membeli Pertalite dari Kementerian BUMN.

"Pembatasan, sekarang, kan, dikembalikan ke ESDM dan sekarang sedang mau kita bahas. Ini, kan, sudah ada usulannya, baru saja tadi pagi ada di meja saya, mau kita bahas, minggu depan (pekan ini)," ujar Arifin pada Senin (6/2).

Pertalite Diskon Bali

   Baca Juga:Harga Terbaru BBM Pertamina Per Februari 2023, Ada Kenaikan?

Pembatasan pembelian BBM Pertalite juga akan cepat diberlakukan. Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati.

Ia menyatakan bahwa siap untuk mengimplementasikan pembatasan pembelian BBM dengan RON 90 itu di Indonesia. "Data-data yang dibutuhkan seperti database masyarakat atau konsumen untuk bisa membeli BBM berharga Rp 10.000 per liter itu sudah tersedia. Agreement-nya sudah ditandatangani, teknis sudah berjalan. Datanya juga, sudah bisa ditarik," ujar Widyawati dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI yang disiarkan melalui YouTube, Selasa (7/2).

Nantinya, tinggal tunggi revisi Perpres 191/2014 untuk dasar siapa golongan masyarakat yang berhak mendapatkan BBM bersubsidi ini. "Kalau sudah keluar, kita bisa langsung tarik karena datanya sudah ada," kata Nicke.

Diskon Pertalite seharga Premium

   Baca Juga: Konversi Motor Listrik, Mesin Lama Akan Dihancurkan?

Sebelumnya, anggota Komite BPH Migas, Saleh Abdurrahman mengatakan jenis kendaraan yang tak boleh mengonsumsi BBM subsidi adalah mobil dan motor mewah yang ditentukan dari kapasitas mesinnya. "Yang akan kita atur nanti istilahnya pelat hitam itu boleh konsumsi Pertalite tapi yang termasuk mewah dalam kategori cubicle centimeter-nya (cc) yang kita ambil," papar Saleh.

Menurut kabar, nantinya mobil-mobil di atas 2.000 cc tidak boleh memakai Pertalite, sedangkan untuk motor berkapasitas 250 cc akan diperlakukan hal serupa.

Untuk kuota harian pembelian Pertalite juga masih menunggu Perpres 191/124. Saat ini hanya solar subsidi yang sudah diketahui pembatasan pembelian. Pada kendaraan pribadi pelat hitam maksimal 60 liter per hari, angkutan umum orang atau barang roda 4 dijatah 80 liter per hari, dan angkutan umum roda 6 sebanyak 200 liter per hari.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.