Pembuatan SIM C Tidak Perlu Gunakan Sertifikat Mengemudi?

Pembuatan SIM C Tidak Perlu Gunakan Sertifikat Mengemudi?
Jumat, 23 Juni 2023 11:45
Gemilang Isromi Nuar

Peraturan baru Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri terkait pemberlakuan pembuatan SIM untuk kendaraan bermotor perseorangan dan angkutan umum dengan menyertakan sertifikat mengemudi menimbulkan pertanyaan. Apakah pengendara motor pemilik SIM C juga harus punya?

   Baca Juga: Honda PCX 150 Bekas Tahun 2020, Ditawarkan Mulai Rp 20 Jutaan

Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri, Brigjen Yusri Yunus mengatakan peraturan menyertakan sertifikat mengemudi ini nantinya akan berlaku untuk kendaraan roda empat atau di atasnya seperti truk, tapi tidak untuk motor.

"Kami pakai untuk roda empat. Sementara ini baru roda empat ke atas," kata Yusri Yunus di Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Kamis (22/6).

Ujian SIM C

Peratutan ini sendiri merupakan aturan lama yang baru akan dijalankan, serta tercantum dalam Peraturan Polri Nomor 2 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Perpol Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi (SIM).

   Baca Juga: Aturan Baru, Bikin SIM Kini Harus Punya Sertifikat Mengemudi?

Polri juga mempunyai alasan tersendiri mengapa aturan ini tidak berlaku untuk pengguna sepeda motor. Karena, sejauh ini sekolah mengemudi yang ada mayoritas mengajarkan untuk mengemudi roda empat.

"Selama ini sekolah mengemudi hanya mengajarkan roda empat saja ya. Jadi, ke depan kami prioritaskan untuk roda empat ke atas dulu, sambil berjalan," papar Yusri.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.