PLN Adakan Mudik Gratis, Simak Syarat dan Cara Daftarnya!

PLN Adakan Mudik Gratis, Simak Syarat dan Cara Daftarnya!
Jumat, 31 Maret 2023 09:00
Ruslan Abdul Gani

PLN bekerja sama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar kegiatan Mudik Gratis. Program ini menyediakan kuota sebanyak 10.000 penumpang. Lantas, bagaimana persyaratan dan cara daftarnya?

Mudik gratis yang diadakan PLN ini bertujuan membantu masyarakat mudik dengan aman, nyaman, dan lebih ramah lingkungan. Selain itu, mudik gratis ini guna mengalihkan pengguna kendaraan pribadi khususnya sepeda motor ke kendaraan umum yang memenuhi standar keselamatan. Dengan berkurangnya penggunaan kendaraan pribadi, juga akan mengurangi emisi dan angka kecelakaan.

   Baca Juga: Resmi Hadir di Indonesia, Intip Detail Dimensi Kawasaki Ninja ZX-4RR

"Sesuai arahan Menteri BUMN, Erick Thohir, program mudik gratis ini bertujuan untuk menyediakan moda transportasi umum yang aman. Sehingga risiko kemacetan dan kecelakaan saat mudik bisa berkurang," ungkap Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN.

Wahana Buka Pendaftaran Mudik

Nah, bagi yang berminat, pendaftaran mudik gratis bersama PLN bisa dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile. Pendaftaran dibuka untuk dua tahap, yakni tahap I dari 29-31 Maret dan tahap II 5-7 April 2023.

Tidak hanya dari Jabodetabek, keberangkatan mudik bersama juga dilakukan dari Bandung, Surabaya, dan Bali. Khusus untuk Jabodetabek, tanggal keberangkatannya adalah 18 April 2023 dengan tujuan kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bandar Lampung, dan Palembang.

PLN Gelar Mudik Gratis Buat 10 Ribu Orang

   Baca Juga: Hasil Tes Konsumsi BBM Hunter Scrambler SK500, Motor Ujian SIM C1

Namun, PLN punya sejumlah syarat untuk bisa mengikuti program mudik gratis ini. Salah satunya menyiapkan data identitas diri yakni KTP, Kartu Keluarga (KK), dan akte kelahiran/kartu pelajar/kartu identitas anak.

Berikut mekanisme pendaftaran peserta Mudik Bersama PLN 2023: 

1. Peserta belum pernah mendaftar program mudik gratis di Kementerian BUMN atau instansi manapun. Pendaftaran dilakukan melalui PLN Mobile

2. Peserta wajib mengisi data diri sesuai dokumen yang dilampirkan yaitu KTP (untuk individu) dan KK (untuk keluarga), satu KK maksimal 4 orang. 

3. Setiap peserta harus mentransfer uang jaminan sebesar Rp 100.000/orang. Uang tersebut akan dikembalikan menjelang keberangkatan. 

4. Namun, uang jaminan tidak dapat dikembalikan jika peserta membatalkan keberangkatan. Pemudik balita terhitung 1 kursi dan wajib melampirkan akta kelahiran. 

5. Tahapan pendaftaran akan ditutup ketika kuota telah terpenuhi. Jika kuota terpenuhi, maka pendaftaran bisa ditutup sewaktu-waktu dan akan diumumkan sebelum batas waktu yang ditentukan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi panitia di nomor 0813-8911-2628 (WA only).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.