Berapa Ukuran Kekentalan Oli yang Cocok Buat Motor Harian?

Berapa Ukuran Kekentalan Oli yang Cocok Buat Motor Harian?
Jumat, 31 Maret 2023 10:00
Ruslan Abdul Gani

Oli merupakan komponen yang mempunyai peran penting untuk melumasi mesin di motor. Volume oli di motor juga tidak boleh sampai habis, pasalnya mesin bisa mengalami kerusakan. Namun, banyak kasus yang terjadi kapasitas oli di mesin berkurang banyak saat dilakukan penggantian. 

Seiring pemakaian, oli di mesin bisa berkurang yang disebabkan oleh beberapa faktor. Kalau mesin masih dalam kondisi baik tapi oli sering berkurang, berarti tandanya salah menggunakan spesifikasi kekentalannya. Lantas, bagaimana cara memilih kekentalan oli yang pas buat di motor?

   Baca Juga: Jangan Asal! Begini Cara Merawat Bagasi di Motor

Kekentalan Oli Mesin

Dhany Ekasaputra selaku Manager Promosi PT Autochem Industry menjelaskan cara mengetahui kekentalan oli yang pas buat di motor dengan mencoba dari yang encer terlebih dahulu.

"Kalau motor kita masih dalam kondisi baru, kita pakai jenis oli yang encer dulu itu tidak masalah, karena jarak clearance piston dan silinder itu masih rapat. Jadi, kalau motor masih baru tidak apa-apa pakai SAE 10W-30. Tapi jika motor terus-terusan dipakai, lama-kelamaan clearance akan semakin besar. Disarankan silakan upgrade ke yang lebih kental, 10W-40 atau 20W-40," ujar Dhany saat ditemui di JCC Senayan, Jakarta beberapa waktu lalu.

Beberapa Ciri Oli Mesin Sudah Harus Diganti

Dhany menjelaskan untuk mengetahui oli yang cocok bagi motor yaitu dengan cara melakukan pengetesan. "Jadi, kalau dibilang cocok mana, pemilik motor harus melakukan pengetesan. Misal pakai jenis oli yang encer dulu 10W-30, lalu saat dipakai hingga 2.000 km oli berkurang 100 ml. Kemudian, coba ganti pakai 10W-40. Jika dipakai sampai 2,000 km lagi dan oli tidak berkurang, itu tandanya kekentalan oli cocok dengan mesin motornya," jelas Dhany.

   Baca Juga: Banyak Waktu di Jalan Saat Puasa, Begini Agar Tetap Fit dan Bugar

Jadi, menurut Dhany tidak perlu repot-repot mengukur clearance silinder untuk mengetahui kekentalan oli yang cocok di motor. "Bagi yang bingung mau pakai kekentalan oli bisa dengan cara itu, tidak perlu repot-repot bongkar mesin motor untuk mengukur clearance silinder di mesin berapa jaraknya, kan repot," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.