Sedang Viral, Intip Lebih Dekat Rangka eSAF Motor Honda

Sedang Viral, Intip Lebih Dekat Rangka eSAF Motor Honda
Senin, 21 Agustus 2023 16:00
Benny Averdi

OTORIDER - Rangka menjadi penopang utama berbagai komponen motor. Di antaranya mulai dari mesin, suspensi, jok, setang, dan lain sebagainya.

Rangka pun harus kuat, sehingga umumnya menjadi salah satu bagian motor yang paling berat. Agar irit bahan bakar namun tetap kokoh, Honda mengembangkan rangka bernama enhanced Smart Architecture Frame (eSAF). Rangka tersebut kini digunakan di beberapa model, seperti Genio, BeAT, Scoopy, dan Vario.

   Baca Juga: Meski Kasusnya Sedikit, AHM Tanggapi Serius Masalah Rangka eSAF

Rangka ini diklaim merupakan proses produksi mutakhir, dengan mesin press serta laser welding. Strukturnya dikembangkan guna meningkatkan stabilitas. Sehingga, motor mudah dikendarai, ringan, dan nyaman saat bermanuver.

rangka eSAF

Rangka eSAF bahkan mampu memberi pemanfaatan ruang yang semakin efisien. Hal ini terbukti dengan kapasitas bagasi yang mencapai 14 L dan tangki bahan bakar 4,2 L pada Honda BeAT.

Rangka eSAF memiliki empat keunggulan utama, yaitu:

Ringan

Rangka ini tidak menggunakan pipa baja, melainkan pelat baja yang ditekuk dan dicetak serta dilas menggunakan laser. Sehingga, ada lipatannya yang menjadi penguat pada rangka. Secara bentuk hanya terdiri dari rangka dasar (main frame) dan dua rangka pendukung (subframe). Dilansir dari laman herohondanusa, rangka tersebut mampu mengurangi 34 komponen pada model rangka konvensional.

Lebih Kuat dan Minim Deformasi

Walau ringan, struktur rangka eSAF diklaim lebih kuat. Karena, menggunakan bahan baja. Bahkan menurut Endro Sutarno selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), sasis tersebut sudah mengalami uji internal dan lebih tahan deflaksi atau pembengkokan saat dikendarai.

Meningkatkan Kapasitas Tangki dan Bagasi

Dengan jumlah komponen yang lebih ringkas, pemanfaatan ruang pun semakin efisien. Dampaknya, peningkatan kapasitas bagasi dan tangki bahan bakar.

Rangka eSAF Honda Pabrik Karawang

Efisiensi Bahan Bakar

Penggunaan bahan bakar tentunya sangat berkaitan dengan bobot yang ada pada kendaran. Semakin ringan, maka motor yang menggunakan rangka eSAF lebih irit konsumsi bahan bakarnya.

Tetapi, segala keunggulan produk AHM tersebut tampaknya sedang melalui tahap 'ujian' dari beberapa konsumennya. Rangka berteknologi mutakhir itu disebut rentan karat dan keropos.

   Baca Juga: Keunggulan Rangka eSAF Terbaru Honda Genio, Ringan Tapi Kokoh

"Ya, saya pun mengetahuinya di sosial media," terang Ahmad Muhibbuddin, General Manager Corporate Communication AHM menanggapi isu rangka eSAF yang beredar di media sosial.

"Kami langsung menyelidikinya, meski dibandingkan jutaan produk yang sudah dibuat, hanya sedikit yang mengalami keluhan tersebut. Tetapi demi kepuasan konsumen, akan kami teliti lebih lanjut," ujar lelaki yang disapa Muhib itu. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.