Sediakan 482 Bus, Pemprov DKI Jakarta Gelar Mudik Gratis Buat Pemotor

Sediakan 482 Bus, Pemprov DKI Jakarta Gelar Mudik Gratis Buat Pemotor
Sabtu, 25 Maret 2023 11:00
Ruslan Abdul Gani

Buat para warga Jakarta yang ingin mudik lebaran menggunakan sepeda motor, sebaiknya mengurungkan niat. Sebab, Pemerintah Provonsi DKI Jakarta akan menggelar mudik gratis menggunakan 482 unit bus. Layanan ini dijadwalkan berangkat pada 17 April dan kembali ke Jakarta 28 April 2023. Program ini bertujuan agar masyarakat dapat melaksanakan mudik secara selamat, aman, nyaman, dan menyenangkan.  

   Baca Juga: PEVS 2023, Waktu yang Tepat Beli Motor Listrik Subsidi

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo menjelaskan program mudik gratis ini bertujuan untuk menekan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor. Selain itu, juga agar lalu-lintas lebih lancar. “Tahun ini program mudik gratis akan melayani perjalanan menuju 19 kota dan kabupaten di 6 provinsi,” ujar Liputo. 

AHM Gelar Mudik dan Balik Bareng Honda

Daerah tujuan mudik pun cukup luas, mulai dari Lampung, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur. Bandar Lampung menjadi kota tujuan di Provinsi Lampung; Palembang di Sumatera Selatan; Kuningan dan Tasikmalaya di Jawa Barat; Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Sragen, Wonosobo, dan Wonogiri di Provinsi Jawa Tengah; Kota Yogyakarta di Provinsi DIY; serta Madiun, Kediri, Jombang, dan Malang di Provinsi Jawa Timur.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan 482 bus untuk mengakomodir 19.280 masyarakat Jakarta yang akan melaksanakan mudik. Guna menekan banyaknya pemudik yang menggunakan sepeda motor pada arus mudik maupun balik serta menunjang mobilitas pemudik di kampung halaman, disediakan juga 23 truk yang dapat mengangkut sebanyak 690 unit sepeda motor pemudik dengan layanan 9 (sembilan) kota/kabupaten yakni Kuningan, Tasikmalaya, Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Jombang, dan Malang.

Mudik Balik Bareng Honda

   Baca Juga: Honda Luncurkan Scoopy Versi Minion, Cuma Ada 6.000 Unit

Pada arus mudik, disiapkan sebanyak 278 bus dengan kapasitas 11.120 penumpang dan 13 truk yang akan mengangkut 390 sepeda motor. Sedangkan, saat arus balik disediakan 204 bus berkapasitas 8.160 penumpang dan 10 truk yang akan mengangkut 300 sepeda motor.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftar program Mudik Gratis DKI Jakarta Tahun 2023, bisa secara online maupun offline. Informasi mengenai pendaftaran online dapat dilihat melalui website maupun media sosial Dishub DKI Jakarta. Adapun pendaftaran secara offline dapat dilakukan di 6 (enam) lokasi service point, baik di kantor Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dan Kantor Suku Dinas Perhubungan di lima wilayah Kota Administrasi.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.