Motor Diangkut Truk, Mudik Gratis dengan Bus Akan Dibuka Kembali

Motor Diangkut Truk, Mudik Gratis dengan Bus Akan Dibuka Kembali
Sabtu, 25 Maret 2023 12:00
Gemilang Isromi Nuar

Program mudik gratis menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mengantisipasi sepeda motor tidak dijadikan alat transportasi pergi ke kampung halaman. Namun, program mudik gratis menggunakan transportasi bus dan sepeda motor diangkut memakai truk pada 13 Maret 2023 lalu sudah ditutup. Hal ini karena kuota yang tersedia sudah terpenuhi. Total kuota yang disediakan yaitu sebanyak 24.072 penumpang dengan 585 unit bus.

Namun, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan bakal membuka kembali pendaftaran mudik gratis jalur darat karena tingginya peminat.

   Baca Juga: Rawan Kecelakaan, Menhub Anjurkan Masyarakat Tak Mudik Pakai Motor

AHM Gelar Mudik dan Balik Bareng Honda

"Masih ada kemungkinan pendaftaran dibuka kembali jika ada pendaftar yang tidak melakukan validasi sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan," papar Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat, Suharto saat kegiatan Media Briefing bertema “Persiapan Angkutan Lebaran: Update Penyelenggaraan Program Mudik Gratis Kemenhub Tahun 2023” di Jakarta, Jumat (24/3).

Ia menambahkan untuk masyarakat yang masih ingin mendaftar agar mengecek aplikasi Mitra Darat secara berkala, karena ada kemungkinan pendaftaran dibuka kembali. "Kuota dari penumpang yang tidak melakukan validasi ulang otomatis akan masuk kembali pada sistem Mitra Darat, sehingga bisa dipilih oleh penumpang lainnya yang akan mendaftar," ujar Suharto.

   Baca Juga: Selain Mudik Gratis Pakai Kereta, Kini Pemotor Bisa Naik Kapal Laut

AHM Mudik

Sementara itu, program angkutan sepeda motor gratis dengan kereta api dan kapal laut kuotanya masih tersedia. Untuk kuota mudik dengan kereta menyediakan kapasitas hingga lebih dari 46 ribu penumpang dan lebih dari 10 ribu unit sepeda motor.

"Sejak dibuka pendaftarannya pada 1 Maret 2023 lalu, hingga kini jumlah total yang telah terdaftar sebanyak 3.094 penumpang dan 1.994 motor," ujar Direktur Lalu Lintas Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian, Djarot Tri Wardhono.

Sedangkan, program mudik gratis sepeda motor naik kapal laut menyediakan total kapasitas arus mudik dan balik hingga 5.000 penumpang dan 2.500 sepeda motor.

"Sejak dibuka pendaftarannya pada 23 Maret 2023, hingga hari Jumat (24/3), jumlah pendaftar untuk keberangkatan 15 April 2023 tercatat 160 motor dan 352 orang. Sementara untuk keberangkatan 17 April 2023, total pendaftar sebanyak 776 motor dan 1.762 orang," papar Plh. Dirjen Perhubungan Laut, Capt. Antoni Arif Priadi

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.