Supaya Tidak Terjatuh, Begini Tips Melewati Polisi Tidur Pakai Motor

Supaya Tidak Terjatuh, Begini Tips Melewati Polisi Tidur Pakai Motor
Sabtu, 25 Maret 2023 09:00
Ruslan Abdul Gani

Saat berkendara menggunakan motor tentunya harus selalu fokus. Bergam rintangan di jalan sering ditemui, salah satunya yang perlu diperhatikan ialah posisi polisi tidur atau speed bump. Sebab, jika tidak hati-hati ketika melewatinya, pemotor bisa berisiko terjatuh.

Polisi tidur biasanya ada di jalanan yang ramai seperti persimpangan, juga perkampungan guna menghindari pengendara memacu motor dengan kencang.

   Baca Juga: Cukup Semprot, Bersihkan Kotoran Mesin dan Bodi Bisa Pakai Cairan Ini

Maka dari itu, berikut ini ada beberapa tips cara melewati polisi tidur dari Danang Hermanto mewakili Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta.

1. Perhatikan tanda-tanda polisi tidur

Pengendara perlu mengenali jalan yang ada polisi tidurnya, sehingga mudah mengantisipasi dari kejauhan. Sebelum mencapai polisi tidur, pastikan telah memperhatikan tanda-tanda peringatan yang biasanya dipasang di jalan.

Tanda-tanda tersebut bisa berupa papan tanda berwarna kuning, atau lambang polisi tidur yang terbuat dari cat putih atau kuning di permukaan jalan. Ketika Anda melihat tanda-tanda tersebut, maka berhati-hatilah dan siapkan diri untuk menghadapi polisi tidur.

Polisi Tidur

2. Kurangi kecepatan

Ketika sudah mendekati polisi tidur, mulailah untuk melambatkan kecepatan kendaraan. Kurangi kecepatan secara perlahan dan pastikan tidak mengerem secara tiba-tiba.

Mengerem secara tiba-tiba, bisa menyebabkan roda motor terkunci dan membuat kendaraan menjadi tidak stabil. Kurangi kecepatan dengan menggunakan rem depan dan belakang secara halus. Lakukan pengereman sebelum melewati polisi tidur, lepas rem sesaat ketika mau lewat dan gas kembali saat roda belakang sudah lewat polisi tidur.

3. Ambil posisi berkendara yang tepat

Sebelum melewati polisi tidur, pastikan Anda mengambil posisi yang tepat di atas motor. Tubuh harus rileks dan kedua tangan menggenggam setang dengan tenaga yang cukup.

Pastikan juga kedua kaki bertumpu pada footstep atau pijakan kaki sepeda motor. Selain itu, kedua lutut mengapit tangki bagi pengguna motor sport, atau masuk ke dalam dek bagi pengendara motor matic agar keseimbangan tetap terjaga.

Polisi Tidur

   Baca Juga: Simak! Segini Masa Pakai V-belt di Motor Matic, Pakai Patokan Kilometer

4. Pastikan motor lurus

Saat melewati polisi tidur disarankan motor dalam keadaan lurus, hindari menyamping saat melewatinya. Hal ini karena berpotensi terpeleset terutama jika kondisi basah. Hindari melewati jalur yang berlawanan arah (jalur yang tidak ada polisi tidur, atau lebih rendah), sebab berpotensi tertabrak kendaraan dari depan.

5. Pastikan sepeda motor dalam kondisi baik

Terakhir, pastikan sepeda motor dalam kondisi baik sebelum memulai berkendara, terutama bagian pengereman, ban, dan suspensi. Semua kondisi motor dalam keadaan prima sesuai anjuran pabrikan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.