Sejak 2007, Kota di Papua Ini Sudah Lebih Dulu Gunakan Motor Listrik

Sejak 2007, Kota di Papua Ini Sudah Lebih Dulu Gunakan Motor Listrik
Jumat, 6 Januari 2023 09:00
Gemilang Isromi Nuar

Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, sepeda motor sudah menjadi moda transportasi utama. Banyak masyarakat yang berkegiatan mengandalkan motor. Namun, sebuah distrik di Kabupaten Asmat, Papua Selatan telah memakai motor berbeda dari model yang umum digunakan di banyak daerah di Indonesia. 

   Baca Juga: Tanggapan Alva Terkait Subsidi Motor Listrik

Kota Agats

Masyarakat wilayah Agats kebanyakan sudah menggunakan kendaraan listrik dalam mobilitasnya sejak 2007. Hingga sekarang, sudah sekitar 4.000 unit kendaraan listrik yang beroperasi.

"Alasannya, distrik ini kesulitan mendapatkan BBM dan kondisi jaringan jalan yang tidak lebar seperti jalan pada umummnya. Lebar jalannya rata-rata 4 meter dan dibangun di atas rawa. Kawasan-kawasan yang sulit distribusi BBM," ujar Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata, Djoko Setijowarno kepada OtoRider, Rabu (27/12).

Motor listrik menjadi kendaraan utama karena dinilai lebih cocok dan aman bagi masyarakat serta lingkungan Agats. Karena jika motor bensin tiba-tiba terbakar, bangunan dan jalan akan habis, sebab semua terbuat dari kayu.

   Baca Juga: NGK Indonesia Siapkan Strategi ke Arah Kendaraan Listrik

Kota Agats

Sementara itu, Djoko menyarakan lebih baik pemerintah mengalokasikan subsidi kendaraan listrik untuk daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal) serta kepulauan. Daripada menambah BBM dengan ongkos angkut yang mahal, pemberian insentif untuk mendapatkan kendaraan listrik dirasa lebih menghemat anggaran negara. 

"Dengan memberikan subsidi pada kendaraan listrik di Daerah 3T, nantinya bisa berfokus pada perbaikan infrastruktur listrik yang tersedia. Sembari menyuplai bahan bakar untuk pembangkit listrik di daerah tersebut secukupnya," ujar Djoko.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.