Tahun Depan Suzuki Akan Luncurkan Motor Listrik Pertamanya

Tahun Depan Suzuki Akan Luncurkan Motor Listrik Pertamanya Suzuki Hydrogen.
Senin, 18 Desember 2023 19:08
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Perusahaan otomotif asal Jepang, Suzuki siap meluncurkan kendaraan roda dua listrik pertamanya tahun depan. Dengan investasi lebih lanjut, Suzuki tidak ingin ketinggalan menghadirkan kendaraan bahan bakar alternatif dan berkelanjutan.

Hal itu disampaikan oleh General Manager Suzuki, Akira Kyuji. Pihaknya yakin berada di jalur yang tepat dalam persaingan pasar roda dua yang sangat dinamis saat ini. "Kecuali ada sesuatu yang mengubah situasi secara drastis di masa depan, rencana pengembangan sesuai dengan rencana kami,"  kata Kyuji dikutip dari MCN, Sabtu (16/12).

Ia menambahkan, nantinya motor listrik itu adalah kendaraan perkotaan seperti motor bermesin 125cc. "Utamanya, mereka adalah penumpang kecil, seperti penumpang 125 yang setara karena ruang untuk sepeda motor dan skuter untuk baterai sangat terbatas," papar Kyuji.

Sebelumnya pada Januari 2023, Suzuki mengumumkan langkah pertama mereka menuju masa depan yang lebih ramah lingkungan. Mereka menyatakan akan memperkenalkan sepeda motor plug-in pertamanya pada 2024 dan meluncurkan delapan model EV pada 2030.

Suzuki sendiri akan menginvestasikan £12,4 miliar atau Rp 243 trilliun dalam penelitian dan pengembangan selama periode tersebut. Kemudian, tambahan £15,5 miliar atau Rp 304 triliun dalam belanja modal di seluruh bidang operasi mereka, dengan £3,1 miliar atau Rp 60 triliun di antaranya akan digunakan untuk investasi terkait baterai.

Dalam bahan bakar alternatif lain, Suzuki juga pernah membawa prototipe sepeda motor bertenaga hidrogen ke Japan Mobility Show (JMS) 2023. Suzuki sendiri sebenarnya telah mengutak-atik Burgman dengan teknologi hidrogen sejak 2010. Bahkan, prototipenya yang menggunakan fuel cell sempat diuji selama 1,5 tahun oleh kepolisian London sejak 2017. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.