Awas! Potensi Kecelakaan Motor Saat Menjelang Berbuka Puasa

Awas! Potensi Kecelakaan Motor Saat Menjelang Berbuka Puasa Ilustrasi pemotor saat bulan puasa.
Selasa, 12 Maret 2024 11:30
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Selain tingkat konsentrasi di jalan rentan menurun karena kurangnya asupan cairan dan makanan, para pengendara motor juga seringkali terburu-buru karena mengejar waktu berbuka puasa di rumah. Ini pun menjadi waktu yang rawan bagi pengendara mengalami kecelakaan.

Pengemudi kendaraan yang menjalankan ibadah puasa, harus bisa menyikapi dengan bijak. "Biasanya seorang pengendara begitu mendengar azan langsung buru-buru ingin berbuka, apalagi kalau ada yang membagikan takjil. Pastinya dia bisa saja mengubah jalur dari kanan tiba-tiba ke kiri, ambil takjil," kata Instruktur Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), Hendrik Ferianto saat acara safety siding beberapa waktu lalu.

Karena stamina dan kebugaran turun, pengemudi motor juga rentan terbawa emosi dan tak sabar ketika di jalan. Oleh sebab itu, pastikan selalu waspada meskipun masih dalam kondisi berpuasa. "Budaya ini harus diubah, jadi utamakan keselamatan dulu. Karena biasanya kecelakaan terjadi ketika jam kerja," kata Hendrik.

Bagi pengendara motor yang mau berbuka di jalan, jangan sampai membahayakan orang lain, dan harus dilakukan di tempat yang layak untuk berhenti. "Kalau memang terpaksa di pinggir jalan, lihat spion dulu, nyalakan lampu sein. Jangan langsung tiba-tiba begitu azan langsung belok kiri," papar Hendrik.

Dikutip dari Jakarta Globe, kecelakaan lalu lintas selama bulan puasa tercatat tinggi terutama selama minggu terakhir Ramadan dan tiga hari berikutnya. "Orang buru-buru saat pulang kerja, itu rata-rata emosi karena kena macet, di sini sebagai pengendara kita harus bisa mengendalikan diri," ujar Hendrik. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.