Deretan Faktor Penyebab Kecelakaan Pengguna Sepeda Motor

Deretan Faktor Penyebab Kecelakaan Pengguna Sepeda Motor Ilustrasi pemotor.
Jumat, 12 April 2024 18:25
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Data PT Jasa Raharja pada tahun 2023 mengungkap, kecelakaan lalu lintas di Indonesia sebagian besar dialami pengguna sepeda motor dengan jumlah kontribusi 71 persen. Berdasarkan data, korban dengan usia produktif 26-55 tahun sebesar 44,35 persen, pelajar 6-25 tahun 35,63 persen, lansia 56 tahun ke atas 18,22 persen, dan balita 0-5 tahun sebesar 1,80 persen.

Pemerintah juga telah mengimbau masyarakat agar tidak mudik menggunakan sepeda motor. Sebagai pengendara, Anda wajib memahami tiga faktor penyebab kecelakaan. "Tiga faktor penyebab terjadinya kecelakaan sepeda motor, yakni manusia (pengendara), kendaraan, dan lingkungan," kata Guru Besar Bidang Transportasi Universitas Indonesia (UI), Prof Dr Sutanto Soehodho dikutip dari Antara, Selasa (9/4).

Memang, banyak masyarakat yang memilih sepeda motor karena kendaraan ini bersifat fleksibel, door to door, dan hemat. Namun, Fatigue atau kelelahan adalah faktor utama seseorang mengalami kecelakaan. "Mereka yang sakit atau kurang fit saat berkendara memiliki risiko kecelakaan lebih tinggi. Kelelahan ini dapat muncul karena waktu berkendara yang terlalu lama tanpa istirahat, bisa disebabkan oleh jarak yang jauh atau kondisi macet," ujar Sutanto.

Dari sisi kesiapaan kendaraan, rem yang sudah aus, ban yang botak, sistem penerangan yang tidak berfungsi atau masalah lainnya dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. "Hal ini dapat menyebabkan terjadinya hilang kendali saat mengemudi," papar Sutanto.

Faktor lingkungan juga tidak luput dari penyebab kecelakaan. Hal ini meliputi kondisi alam dan cuaca, juga infrastruktur jalan seperti jalan tidak rata, berlubang atau licin. "Para pengendara motor untuk menghindari rute yang tidak dikenali. Selain kondisi alamnya yang tidak familiar, keamanan dan keselamatan pengendara juga berisiko," ungkap Sutanto. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.