Empat Fakta Yamaha YZF-R1 2025, Pasang Winglet Ala MotoGP

Minggu, 22 September 2024 11:00
Ilham Pratama

Pekan ini pembaruan dilakukan oleh pabrikan motor asal Jepang, pada moge superbike mereka Yamaha YZF-R1 dan YZF-R1M versi 2025.

Empat Fakta Yamaha YZF-R1 2025, Pasang Winglet Ala MotoGP

OTORIDER - Pekan ini pembaruan dilakukan oleh pabrikan motor asal Jepang, yakni Yamaha pada model YZF-R1 dan YZF-R1M versi 2025. Bahkan di Amerika Serikat, motor ini sudah dijual umum.

Harganya 18.999 USD yang setara Rp 288,3 juta untuk Yamaha YZF-R1. Sedangkan, Yamaha YZF-R1M dilepas lebih mahal, yakni 27.699 USD atau sekitar Rp 420,3 juta.

Sejumlah revisi dilakukan di edisi anyar ini, mulai dari aerodinamika, pengereman, dan kaki-kaki. Berikut empat faktanya:

1. Gunakan Winglet Karbon

Penyempurnaan di sektor aerodinamika menjadi yang paling kentara dibanding edisi sebelumnya. Hal ini berkat hadirnya peranti winglet sebagai penambah downforce di motor.

Winglet di Yamaha YZF-R1 dan YZF-R1M tampil dengan dimensi yang cukup masif di kedua sisi headlamp tipe projie LED. Bahannya karbon fiber yang menambah kesan sporty di motor ini.

Bukan tanpa alasan ukuran winglet ini cukup masif. Dikutip dari situs Yamaha Amerika, panel tersebut dikembangkan lewat hasil uji coba fasilitas simulator dan trek dari Yamaha Factory MotoGP.

Ditunjang dengan desain lubang air ram di tengah fairing, tampang Yamaha YZF-R1 dan YZF-R1M versi 2025 jadi mirip YZR-M1 di MotoGP!

Efek yang dihasilkan bukan hanya visual, tapi juga kestabilan saat berkendara, terutama ketika mengerem dan menikung. Khusus YZF-R1M versi 2025, ada perbedaan penggunaan bodi full karbon.

2. Upgrade Peranti Pengereman

Jika edisi sebelumnya Yamaha YZF-R1 masih mengandalkan peranti pengereman dari Nissin, maka di versi 2025 berbeda. Di tipe terbaru ini sudah hadir kaliper depan Brembo Stylema yang premium berikut master rem dari merek yang sama.

Tapi, untuk YZF-R1M versi 2025 malah mengandalkan brand Advics di peranti pengeremannya. Fitur seperti Brake Control dan ABS tetap tersedia di kedua model tersebut.

3. Update Suspensi

Di area kaki-kaki, suspensi Yamaha YZF-R1 terbaru mengusung brand KYB di depan dan belakang. Tipenya up side down berukuran 43 mm fully adjustable di depan. Suspensi depan ini sudah didesain ulang untuk menambah responsivitas dan stabilitas berkendara. Sedangkan, di belakang ada monoshock KYB yang juga tipe adjustable.

Nah, di YZF-R1M versi 2025 kaki-kakinya lebih advance dengan Ohlins Electronic Racing Suspension NPX di depan dan monoshock Ohlins Electronic Racing di belakang.

4. Hanya Ada Versi Balap di Eropa

Secara mesin, Yamaha YZF-R1 dan YZF-R1M masih mengandalkan tipe CP4 crossplane engine yang bevolume 998 cc, 4-silinder, berpendingin cair. Sumber penggerak ini hadir di pasar global seperti Amerika, Asia, dan Australia.

Sayangnya, mesin ini tak memenuhi standar emisi di Eropa. Tapi tenang, konsumen di benua biru itu masih bisa menikmati produk tersebut di sirkuit.

Sebab, Yamaha Eropa menyediakan R1 Race dan R1 GYTR bagi konsumen di sana. Statusnya 'Track Use Only' sehingga tak dilengkapi peranti standar jalan raya seperti lampu dan spion. Namun, sudah ada knalpot racing dan fairing balap di motor tersebut. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.