Ganti Bahan Bakar, Internal Mesin Motor Bisa Lebih Bersih?

Ganti Bahan Bakar, Internal Mesin Motor Bisa Lebih Bersih? Shell V-Power Riders Program.
Kamis, 28 Maret 2024 16:15
Thio Pahlevi

OTORIDER - Shell Indonesia menggelar kampanye pembuktian kualitas bahan bakar Shell V-Power terhadap kebersihan bagian dalam mesin motor. Kampanye berjudul Shell V-Power Riders Program ini diikuti sebanyak 14 pengendara dengan berbagai jenis sepeda motor yang belum pernah menggunakan bahan bakar Shell sebelumnya. Selama empat bulan, para pengendara motor ini mengganti bahan bakarnya menjadi Teknologi Baru Shell V-Power dan diminta menceritakan efeknya.

Shell
Shell V-Power Riders Program.

Otorider pun berkesempatan mengikuti program ini sekaligus menguji langsung keampuhan Teknologi Baru Shell V-Power pada Honda Vario 125 keluaran 2018, kendaraan operasional tim kami. Serupa peserta lain, Honda Vario 125 kami pun diinspeksi terlebih dahulu menggunakan boroscope untuk mengetahui kondisi bagian dalam mesin yang biasanya hanya memakai bahan bakar non-Shell. Lantas, bagaimana hasilnya?

"Honda Vario 125 ini sudah berusia sekitar lima tahun dengan jarak tempuh berkisar 33.000 kilometer dan kami belum pernah membongkar mesinnya. Ternyata, banyak banget depositnya. Dari hasil inspeksi di Shell Margonda, Depok, terlihat endapan pada bagian katup dan saluran masuk (intake valve dan manifold). Nanti kami akan cobain Shell V-Power seperti apa kualitasnya. Mudah-mudahan bisa lebih bersih," kata Hieronimus Girindra, Pimpinan Redaksi Otorider sekaligus salah satu peserta Shell V-Power Riders Program.

Shell
Shell V-Power Riders Program.

Sementara itu, Colin Chin selaku Fuel Scientist Shell Global menyarankan pengendara untuk sesekali menggunakan RPM tinggi pada motor. Tujuannya, agar proses pembersihan bagian internal mesin menjadi lebih optimal.

"Untuk pembersihan maksimal, lebih baik mesin digunakan di putaran mesin atau RPM tinggi. Karena saat itu, ada banyak bahan bakar yang masuk dan udara. Dengan hal tersebut, akan ada kemampuan pembersihan yang lebih maksimal," ujar Colin Chin.

Dalam pengetesan, kami juga sempat mengendarai motor ini menuju Bandung dengan menempuh jarak sekitar 200-an kilometer dari Jakarta. Usai empat bulan menggunakan Shell V-Power, inspeksi kembali dilakukan memakai boroscope.

Shell
Shell V-Power Riders Program.

"Awalnya kami sempat ragu, apakah benar hanya dengan mengganti bensin, bisa sekaligus bikin bersih internal mesin? Setelah empat bulan menggunakan Shell V-Power barulah kami percaya. Ternyata, memang hanya sesimpel itu. Pakai saja bensinnya, maka Teknologi Baru Shell V-Power ikut membersihkan bagian vital mesin seperti intake valve seiring pemakaian hingga 100 persen," kata Hieronimus Girindra.

Di sisi lain, Colin Chin mengatakan formulasi Shell V-Power telah dikembangkan oleh peneliti Shell di seluruh dunia supaya konsumen di Indonesia dapat merasakan efek dan manfaat dari pembersihan yang sangat bagus. "Penelitian ini sendiri membutuhkan waktu selama lima tahun," ujarnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.