Ingin Lancar Mendapat SIM C1? AHM Beri Pembelajaran Gratis

Ingin Lancar Mendapat SIM C1? AHM Beri Pembelajaran Gratis Ilustrasi pembuatan SIM C (ANTARA/Umarul Faruq).
Selasa, 9 Juli 2024 14:00
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Surat Izin Mengemudi (SIM) C1 untuk kendaraan roda dua bermesin 250-500cc sudah mulai diterapkan oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Untuk mendapatkan SIM C1 ini, Kakorlantas menyebut pengendara harus mempunyai SIM C biasa paling tidak selama satu tahun.

Sebagai produsen yang juga mempunyai produk motor ber-cc besar, di antaranya Honda CRF250L, Rebel 500, dan XL750 Transalp, PT Astra Honda Motor (AHM) memiliki cara khusus agar para konsumen bisa lulus ujian SIM C1. Pengendara bisa mengikuti kelas latihan di AHM Safety Riding Park yang berlokasi di Delta Mas, Bekasi.

"Semua bisa daftar dan gratis. Dalam pembelajaranya, kita tanamkan menggunakan big bike ini berbeda dengan kendaraan yang kecil. Artinya tenaga lebih besar, bisa kecepatan tinggi, ini menuntut tanggung jawab lebih besar lagi," kata Safety Riding Manager AHM, Johanes Lucky di Cikarang, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Para pengendara juga harus mengenali kendaraannya. Karena motor di atas 250cc ini pastinya mempunyai bobot yang lebih berat. "Lagi kita tanamkan bobot berat kendaraan ini beda dan nantinya teknik berkendara kita berikan dalam materi kita," papar Lucky.

Ia juga menjelaskan dalam pembelajaran untuk SIM C1, tidak harus menggunakan motor Honda. "Tidak harus memiliki motor Honda, semua bisa daftar dan gratis," ungkap Lucky.

Sementara itu, menurut Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korlantas Polri, Brigjen Yusri Yunus, sejatinya SIM C1 atau C2 merupakan peningkatan golongan. "Jadi, tetap bisa dipakai buat mengendarai motor dengan mesin lebih kecil. Boleh, karena itu peningkatan golongan, paling tinggi," kata Yusri. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.