Jika Motor Pakai Bahan Bakar Hidrogen, Berapa Biaya Per Kilometernya?

Jika Motor Pakai Bahan Bakar Hidrogen, Berapa Biaya Per Kilometernya? Ilustrasi motor Hidrogen Yamaha.
Sabtu, 24 Februari 2024 12:15
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Seiring perkembangan teknologi, muncul sebuah pengembangan baru selain listrik untuk menggerakkan sebuah kendaraan yakni dengan energi hidrogen. Meskipun belum ada motor hidrogen yang dijual secara massal, beberapa produsen otomotif tengah mengembangan energi ini. 

Di Japan Mobility Show 2023, Yamaha menampilan skutik bertenaga hidrogen yang menggendong tangki seperti tabung gas elpiji di jok belakang. Berdasarkan penjelasan Yamaha, motor tersebut adalah kendaraan penelitian, bagian dari Hydrogen Small mobility & Engine technology (HySE).

Tapi yang menjadi pertanyaan, apakah hidrogen ini lebih murah dari bensin dan listrik? Di Indonesia, PT PLN (Persero) baru saja meresmikan stasiun pengisian hidrogen atau hydrogen refueling station (HRS) pertama di tanah air sebagai bahan bakar alternatif ramah lingkungan. HRS ini berlokasi di Senayan, Jakarta.

Dalam peresmian itu, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa hidrogen yang digunakan untuk kendaraan justru lebih hemat jika dibandingkan menggunakan listrik, apalagi bahan bakar fosil.

Biaya yang harus dikeluarkan bila menggunakan bensin sebesar Rp 1.300 per 1 kilometer (km). Jika memakai kendaraan listrik dengan pengisian daya di rumah, biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 350-400 per km. Sedangkan, untuk hidrogen biaya yang harus disiapkan hanya Rp 276 per km.

"Kalau menggunakan hydrogen refueling station (HRS) yang ada di sini, biayanya hanya sekitar Rp 276 saja per km. Coba bandingkan dengan biaya menggunakan BBM Rp 1.300 per km," ujar Darmawan dalam acara peresmian Hydrogen Refueling Station di Senayan, Jakarta pada Rabu (21/2).

Selain murah, hidrogen hijau juga disebutnya bisa mengurangi konsumsi BBM hingga1,59 juta liter per tahun, serta berkontribusi terhadap penurunan emisi 4,15 juta kg CO2 per tahun.

Namun, tampaknya untuk menikmati kendaraan berbahan hidrogen di Indonesia, masih perlu menunggu waktu lama. Hal itu dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto saat pembukaan IIMS 2024.

"Hidrogen itu masih lama karena kita musti punya sumber energinya. Sumber energi harus hijau atau green," ujar Airlangga di Jakarta, Kamis (15/2). (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.