Kuota Motor Listrik Habis, Penjualan Roda Dua Justru Turun

Minggu, 22 September 2024 09:00
Gemilang Isromi Nuar

Total penjualan Agustus mencapai 573.886 unit, turun dari 598.901 unit yang terjual pada bulan Juli 2024 turun sebesar 4,1%.

Kuota Motor Listrik Habis, Penjualan Roda Dua Justru Turun Motor-motor baru di GIIAS 2024.

OTORIDER - Pasar otomotif domestik, khususnya roda dua menunjukkan tren yang berlawanan bulan ini, di mana penjualan sepeda motor di Indonesia mengalami penurunan. Data terbaru Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) per Rabu (18/9), menunjukkan total penjualan mencapai 573.886 unit, turun 4,1% dari 598.901 unit yang terjual pada Juli 2024.

Dengan begitu, total penjualan sepeda motor sejak awal tahun hingga Agustus 2024 telah mencapai angka 4.343.781 unit. Sehingga, untuk mencapai target 6,5 juta unit, diperlukan penjualan lebih dari dua juta unit lagi.

Jenis skutik masih menjadi primadona di pasar domestik dengan kontribusi mencapai 90,14%. Sementara itu, penjualan jenis underbone dan sport masing-masing menyumbang 5,37% dan 4,49%.

Tapi di sisi lain, kinerja ekspor sepeda motor menunjukkan hasil positif. Pada Agustus, ekspor tercatat mencapai 56.715 unit, meningkat dari bulan sebelumnya yakni 51.012 unit. Total ekspor sepeda motor hingga Agustus 2024 mencapai 348.045 unit. Peningkatan ekspor ini memberikan harapan bagi industri sepeda motor untuk tetap tumbuh di tengah tantangan pasar.

Selain itu, permintaan motor listrik juga melonjak. Anggaran subsidi untuk 2024 yang masih tersedia kini menunjukkan angka 0, yang menandakan bahwa semua kuota subsidi telah terpakai.

Penyebab penurunan ini memiliki beberapa faktor, antara lain ekonomi dan perilaku konsumen. Sebelumnya, General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM), Ahmad Muhibbuddin, menyatakan salah satu penyebab penurunan penjualan sepeda motor adalah berkurangnya daya beli konsumen. Dalam kondisi saat ini, masyarakat lebih memprioritaskan pengeluaran untuk biaya pendidikan dan kebutuhan pokok.

"Kebetulan di semester kedua ini adalah waktu pergantian uang masuk sekolah. Banyak konsumen yang lebih fokus pada biaya pendidikan," kata Muhib saat ditemui Otorider beberapa waktu lalu. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.