Lebih Canggih dari LED, Honda dan Yamaha Bikin Lampu Teknologi Laser

Lebih Canggih dari LED, Honda dan Yamaha Bikin Lampu Teknologi Laser Lampu laser pada motor.
Jumat, 5 Januari 2024 17:05
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Sistem penerangan kendaraan sangat penting untuk menunjang keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Selain itu, juga sebagai tanda kepada pengendara lain ketika akan berbelok maupun berhenti.

Bukan hanya mobil, dalam perkembangannya kendaraan roda dua keluaran terbaru juga telah dilengkapi lampu berteknologi LED yang lebih terang dibanding halogen atau bohlam biasa. Namun, saat ini Honda dan Yamaha kabarnya sedang mengembangkan lampu berteknologi laser buat sepeda motor. Lampu ini disebut lebih kompak dan ringan dibanding LED.

Dikutip dari Motorcyclenews, Selasa (2/1), lampu laser menggunakan kabel serat optik untuk menyalurkan cahaya lebih jauh dan maksimal. Jadi, komponennya tidak perlu dipasang ke lampu. Baik Honda dan Yamaha, menempatkan unit lasernya di bawah jok, agar penyebaran bobotnya merata.

Lampu
Penggunaan lampu laser pada motor.

Honda sendiri lebih memilih menggunakan dua buah laser untuk high beam dan low beam. Sementara, lampu LED digunakan untuk penerangan lain seperti sein. Sebelumnya, BMW pernah menggunakan teknologi ini pada produk K1600GT dengan laser headlight di 2016. Hanya saja, tidak dipakaikan pada model-model lain karena beberapa alasan.

Keunggulan lampu ini dapat menghasilkan pancaran sinar yang lebih jauh. Selain itu, bisa juga membuat motor memiliki lampu yang dimensinya lebih ramping dan tidak menyilaukan buat pengguna dari arah berlawanan karena direfleksi melalui lapisan fosfor kuning.

Jika melalui penjelasan tersebut, sistem penerangan ini dapat bekerja dengan baik. Namun, bila hadir di Indonesia, apakah bisa mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku? Kita nantikan saja. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.