Lima Motor Bebek Bekas Rp 5 Jutaan, Apa Saja Pilihannya?

Jumat, 4 Oktober 2024 13:20
Ilham Pratama

Jika Anda ingin membeli motor harian tapi budget terbatas di angka Rp 5 jutaan dan tak ingin kredit, motor bekas bisa menjadi pilihan tepat.

Lima Motor Bebek Bekas Rp 5 Jutaan, Apa Saja Pilihannya? Honda Supra 125 X. (Foto: AHM)

OTORIDER - Jika Anda ingin membeli motor harian tapi budget terbatas di angka Rp 5 jutaan dan tak ingin kredit, motor bekas bisa menjadi pilihan tepat. Salah satunya dari tipe bebek yang unit bekasnya tersebar di Indonesia. Ada lima pilihan motor bebek bekas yang Otorider rekomendasikan dengan sejumlah pertimbangan.

"Kebanyakan kalau orang beli motor bebek, ya karena sudah tahu peruntukannya. Kayak contoh buat mobilitas harian, buat kerja keras. Perawatan juga lebih mudah dan murah ketimbang matik," ucap Deni Ferlindungan, Marketing Manager UC Auction saat dihubungi pada Selasa (1/10).

Pihaknya menyediakan motor-motor bekas yang ditawarkan dengan skema lelang dan biasanya dimanfaatkan oleh dealer motor bekas atau pengguna perorangan. Lebih lanjut, Deni menambahkan jika sekarang motor bebek sudah masuk ke barang langka.

"Kalau buat pedagang motkas di daerah itu masih suka jualan motor bebek. Karena kebutuhan motor bebek itu masih besar, kayak di cabang-cabang UC Auction di Yogyakarta, Bandung, Surabaya itu demand-nya masih tinggi," paparnya.

Tapi, masih ada kok motor bebek bekas dengan budget Rp 5 jutaan di pasaran. Berikut adalah lima motor bekas yang bisa dijadikan pilihan:

1. Honda Supra X 125 (2004-2007)

Honda Supra X dikenal sebagai motor yang tangguh dan hemat bahan bakar. Motor ini cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari dengan perawatan yang mudah.

Untuk keluaran 2004 hingga 2007, harganya bisa berada di kisaran Rp 5 jutaan tergantung kondisi.

2. Yamaha Vega R (2005-2008)

Yamaha Vega R juga menjadi pilihan motor bebek yang cukup populer di kelasnya. Selain irit bahan bakar, suku cadang motor ini juga mudah ditemukan. Motor tersebut bisa didapatkan di kisaran harga Rp 4-5 jutaan.

3. Suzuki Smash (2005-2008)

Suzuki Smash merupakan salah satu motor yang dikenal cukup bandel di jalanan. Harga motor ini biasanya berada di rentang Rp 5 jutaan. Dengan perawatan yang baik, motor itu bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

4. Yamaha Jupiter MX 135 (2006-2008)

Salah satu daya tarik utama Jupiter MX adalah desainnya yang sporty dan agresif. Dengan bodi yang ramping namun tetap terlihat kokoh. 

Yamaha
Yamaha Jupiter MX. (Foto: Yamaha)

Selain itu, Yamaha Jupiter MX dikenal dengan performa yang lebih bertenaga karena mesin tegak berpendingin cairnya, apalagi jika dibandingkan motor bebek konvensional.

Motor ini dibekali mesin 135cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 11,3 PS di 8.500 rpm dan cukup besar untuk motor di kelas bebek.

5. Suzuki Shogun 125 (2005-2010)

Terakhir ada Suzuki Shogun 125 generasi pertama dan kedua yang kini bisa ditebus dengan harga di bawah Rp 5 jutaan. Pertama kali diperkenalkan di pasar Indonesia, Shogun 125 mendapatkan sambutan hangat. Ini karena penerus Shogun 110 tersebut menawarkan perpaduan antara desain yang menarik, mesin bertenaga, dan efisiensi bahan bakar.

Agar tidak menyesal setelah membeli motor bekas, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan. Paling penting adalah memastikan motor memiliki surat-surat lengkap seperti STNK dan BPKB. Jika sudah, maka cek bagian mesinnya. Pastikan mesin tidak mengeluarkan suara kasar atau ada kebocoran oli.

Selain mesin, kondisi fisik motor juga perlu diperhatikan. Periksa apakah ada bekas tabrakan atau kecelakaan. Lihat pula kondisi ban, lampu, rem, dan kelistrikan motor. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.