Motor Jawa Hadir Lagi, Langsung Lawan Royal Enfield

Kamis, 5 September 2024 07:00
Ilham Pratama

Meski namanya terdengar erat dengan Indonesia, namun merek Jawa Motorcycle tak ada hubungannya dengan tanah air, lho. Ini motor Ceko yang hidup lagi di India.

Motor Jawa Hadir Lagi, Langsung Lawan Royal Enfield

OTORIDER - Meski namanya terdengar familiar bagi Indonesia, namun merek Jawa Motorcycle tak ada hubungannya dengan tanah air. Ini merupakan merek motor asal Rep. Ceko yang diambil dari nama Janeček dan Wanderer.

Meski lahir di Ceko sejak 1929, tapi kini motor Jawa diakuisisi oleh perusahaan asal India, Mahindra. Kabar terbarunya, mereka merilis produk anyar yakni Jawa 42 FJ.

Jawa 42 FJ ini mengandalkan desain sport retro modern yang marak diusung motor-motor di India. Cirinya headlamp LED bulat dengan penggunaan mesin bergaya klasik, tangki lonjong, dan pelek palang.

Pada area kaki-kaki, suspensi depan masih mengandalkan tipe teleskopik 41 mm dan belakang tetap double shock. Tampang motor jadul dari era 60-an juga hadir pada bentuk spakbor depan serta belakang yang sederhana.

Tongkrongan macam ini lazim ditemukan di model Honda H'ness CB350 dan Royal Enfield Hunter 350. Menariknya, Jawa 42 FJ juga bermain di segmen serupa, terutama dari segi volume mesinnya.

Jawa 42 FJ mengusung mesin berjuluk Alpha2 berkapasitas 334 cc berpendingin cairan. Mesin ini punya ukuran bore x stroke 81 x 65 mm dan kompresi 11:1. Tenaganya diklaim mencapai 29,1 PS serta torsi 29,6 Nm.

Transmisi bertipe manual 6-percepatannya turut dibekali fitur Assist and slipper clutch. Motor berbobot 184 kg ini juga dilengkapi rem cakram di kedua roda dengan sistem ABS.

Tersedia lima pilihan warna Jawa 42 FJ. Di antaranya merah, hijau, coklat, biru, dan hitam yang semuanya berkelir matte atau doff.

Tapi yang bikin kepincut soal harganya. Sebab, Jawa 42 FJ hanya dibanderol 199.000 Rupee atau setara Rp 37 jutaan. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.