Motor Masih Kredit Hilang Dicuri, Apakah Tetap Bayar Cicilan?

Motor Masih Kredit Hilang Dicuri, Apakah Tetap Bayar Cicilan? Ilustrasi motor baru.
Jumat, 5 April 2024 13:35
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Selain membayar tunai, membeli motor bisa dilakukan secara kredit melalui perusahaan leasing. Nantinya, pembeli bisa mencicil selama satu, dua, hingga tiga tahun.

Namun, jika dalam waktu mencicil tersebut motor hilang atau dicuri, sementara bayaran belum lunas, apakah terus dilanjutkan pembayarannya?

"Apabila barang (objek) perjanjian hilang, maka perjanjian tersebut dapat dihapuskan, hal itu sesuia dengan Pasal 1444 Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUHPerdata)," kata Pengacara, Lalu Iqra Hafiddin, S.H dikutip dalam akun Instagram-nya, Kamis (4/4).

Isi pasal tersebut menyebutkan bahwa, "Jika barang yang menjadi pokok persetujuan musnah, tidak bisa diperdagangkan atau hilang, sehingga tidak bisa diketahui sama sekali apakah barang itu masih ada atau tidak, maka hapuslah perikatannya. Asal barang tersebut musnah atau hilang di luar kesalahan debitur dan sebelum ia lalai menyerahkannya," tulis pasal tersebut.

"Salah satu penyebab hapusnya perjanjian dapat disebabkan karena musnahnya barang tertentu," papar Lalu.

Selain itu, menurut pasal 1381 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata atau KUHPerdata, perikatan akan dihapus salah satunya karena barang yang terutang musnah. Selain itu, juga dipertegas oleh Undang-Undang No. 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia, tepatnya Pasal 25. Fidusia sendiri adalah pengalihan hak kepemilikan suatu benda atas dasar kepercayaan dengan ketentuan bahwa benda yang hak kepemilikannya dialihkan tersebut tetap berada dalam penguasaan pemilik benda.

Pasal tersebut menjelaskan tentang jaminan Fidusia bisa dihapuskan, salah satunya karena musnahnya benda yang menjadi objek jaminan Fidusia. "Salah satu penyebab hapusnya jaminan, Fidusia dapat disebabkan oleh musnahnya benda yang menjadi objek jaminan Fidusia," ungkap Lalu.

Namun, pada dasarnya cicilan motor kredit hilang dicuri tetap berjalan dan wajib dilunasi, tapi oleh debitur. Karena setiap pembelian motor baru biasanya sudah diasuransikan Total Loss Only atau TLO. Jadi, debitur bisa mengklaim asuransi TLO untuk melunasi sisa cicilan motor tersebut. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.