Semua Motor Dianjurkan Pakai Fitur Rem ABS, Apa Perlu?

Semua Motor Dianjurkan Pakai Fitur Rem ABS, Apa Perlu? null
Sabtu, 6 April 2024 04:00
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Pada teknologi pengereman sepeda motor terdapat sebuah fitur bernama ABS atau Anti-Lock Braking System. Sistem ini dirancang untuk mencegah roda mengunci atau terkunci saat melakukan pengereman mendadak.

Terkait hal tersebut, Komite Nasional Keselamatan Transportasi belum lama ini memberi rekomendasi agar fitur ABS wajib ada di motor yang dijual di Indonesia. Di tanah air sendiri saat ini fitur ABS baru ada di motor yang kapasitas mesinnya besar. Sedangkan, untuk skutik entry level, jarang sekali yang disematkan fitur tersebut.

Lantas, perlukah skutik entry level menggunakan fitur ABS? Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM), Octavianus Dwi mengatakan ABS bisa saja dijadikan opsi di masa depan yang terpasang di semua motor agar lebih aman.

"Baik ABS atau CBS pada motor Honda sudah mengembangkan dengan standar kualitas keamanan yang memenuhi syarat. Kami memberi opsi untuk konsumen sesuai kebutuhannya," kata Octa beberapa waktu lalu.

Namun, ia juga menerangkan bahwa jika motor entry level mendapatkan fitur rem ABS, maka akan membuat harga lebih mahal.

"Jika diberi fitur ABS pastinya harga lebih mahal. Agak sulit ngomong, karena ini sebenarnya kan pilihan ke masyarakat," jelas Octa.

Sementara itu dari pabrikan motor lainya, Asst. General Manager Marketing Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro mengatakan fitur ABS sebenarnya tergantung dengan kebutuhan.

"Memang fitur ini mendukung pengendara untuk berkendara lebih aman. Tapi dibutuhkan apa tidak, yang ada sekarang tanpa ABS, secara pengetesan sudah cukup memberi proteksi," kata Anton.

Ia juga menjelaskan selain cara berkendara yang tepat, pengereman motor tanpa ABS dinilai sudah aman. "Safety riding itu perlu walaupun tanpa ABS. Kita kasih edukasi cara ngerem seperti apa, jarak yang aman," papar Anton. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.