Pemotor Terjerat Kabel, Pakar Defensive Riding: Waspada Dari 6 Sisi

Pemotor Terjerat Kabel, Pakar Defensive Riding: Waspada Dari 6 Sisi Ilustrasi pemotor di jalan raya.
Minggu, 28 Januari 2024 19:47
Benny Averdi

OTORIDER - Baru-baru ini cukup marak kejadian pengguna motor terjerat kabel fiber optik yang menjuntai ke bawah. Pakar Defensive Driving/Riding dari Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC), Jusri Pulubuhu menanggapi hal tersebut.

"Umumnya yang terjadi di masyarakat kita, hanya fokus pada keadaan di depan saja," kata lelaki berusia 60 tahun itu.

Menurut pemilik lembaga keselamatan berkendara ini, fakta bahwa hanya memikirkan risiko dari depan bisa dilihat dari kebiasaan sehari-hari pengendara. "Tak sedikit, spion pun tak dipakai, berarti ia tak memerhatikan kondisi di belakang," lanjutnya.

Padahal dalam berkendara, terutama ketika naik motor, pengendara harus waspada dari enam sisi. "Dari depan, samping kiri dan kanan, belakang, juga atas dan bawah," kata Jusri.

Menurutnya, waspada terhadap keadaan dari atas dan bawah, misalkan dengan memperhatikan juga kondisi di sekitar jalan yang dilalui.

"Sewaktu melintas di kolong underpass, perhatikan juga benda-benda yang tergantung di atasnya, juga ketika melewati jalan di mana banyak anak-anak main layangan, perhatikan juga kondisi di atas. Begitu juga di bawah, seperti lubang di jalan, permukaan licin atau becek serta kondisi lainnya," kata Jusri.

Dari sana, sikap antisipatif harus dilakukan. Misal, ketika melewati kondisi tersebut, sudah pasti harus mengurangi kecepatan, sehingga mudah untuk bermanuver saat 'berjumpa' kondisi yang tak normal.

"Biasakan memiliki pola pikir antisipatif, sehingga menjadi 'autopilot' atau semacam refleks yang baik bagi pengendara," katanya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.