Berikut Caranya Agar Baterai Motor Listrik Awet Digunakan

Berikut Caranya Agar Baterai Motor Listrik Awet Digunakan

 

Baterai merupakan salah satu komponen paling penting dalam sebuah motor listrik. Komponen yang satu ini tentunya harus mendapatkan perhatian khusus dari penggunanya. Terutama dari cara penggunaannya sehingga baterai ini menjadi lebih awet.

Awan Setiawan selaku Manager United E-Motor mengatakan untuk baterai lithium memiliki standarisasi yang sama. Menurutnya, baterai jenis ini memiliki life-cycle hingga 1.000 kali pengecasan. Setelah melalui angka tersebut, baru pemiliknya harus mengganti baterai itu kembali.

United E-Motor T1800

"Baterai lithium sebenarnya hampir semua sama, standarisasinya sama. Charging-nya itu, cycle-nya antara 800 - 1.000 kali, itu semua sama sih, handphone juga sama begitu kan," ujar Awan ketika ditemui awak media di Tangerang, Banten, Sabtu (12/12) kemarin.

   Baca Juga: Dijual Rp 27 Jutaan, Bagaimana Detail Spesifikasi Motor Listrik Gesits?

Dirinya pun memberikan tips agar penggunaan baterai jenis lithium bisa lebih awet. Menurutnya, penggunaan baterai tidak boleh mencapai keadaan yang benar-benar habis. Dirinya menyebutkan jika hal ini sering terjadi, maka baterai akan cepat rusak.

Motor listrik UNITED E-Motor T1800

"Kalau baterai itu sebenarnya cuma satu, jangan pakai sampai habis. Lithium itu tidak boleh sampai 0, sama seperti handphone, karena kalau sudah 0, dia akan rusak. Kalau penuh di-charging kami ada cut off-nya, charging akan menyala kalau sudah penuh," pungkasnya.

   Baca Juga: United Klaim Pengisian Daya T1800 Hanya Rp 1.000 Saja!

Sebagai tambahan informasi, United baru saja meluncurkan motor listrik pertamanya yakni T1800. Motor ini menggunakan baterai dengan daya 60V 28Ah yang dapat membawa motor sejauh 60 km. Daya baterai tersebut diisi oleh pengecasan 15 ampere sehingga membutuhkan waktu pengisian hingga 4 jam.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id