Mengetes Konsumsi Daya Baterai Motor Listrik Rakata X5

Mengetes Konsumsi Daya Baterai Motor Listrik Rakata X5

Rakata X5 merupakan motor listrik merk baru yang hadir di Indonesia. OtoRider pun mendapatkan kesempatan untuk menjajal motor listrik yang dibanderol Rp 20.500.000 ini. Dalam hal ini sejumlah pengetesan kami lakukan, satu di antaranya adalah konsumsi daya baterainya.

Motor listrik Rakata X5 memiliki baterai dengan spesifikasi 60 V 20 Ah. Baterai ini disebutkan mampu menempuh jarak sejauh 60 km dalam sekali pengecasan penuh. Sementara itu untuk megisi daya baterainya sendiri membutuhkan waktu hingga 5 jam.

   Baca Juga: Catat Waktunya! Skuter Listrik Piaggio One Bakal Segera Dirilis

Rakata X5 dibekali oleh tiga mode berkendara dengan batasan kecepatan yang berbeda-beda di tiap modenya. Pada mode 1 dibatasi hanya 30 km/jam, mode 2 dibatasi 40 km/jam, mode 3 dibatasi 50 km/jam. Dalam pengetesan, mode berkendara yang digunakan adalah mode ketiga.

Konsumsi Daya Baterai Rakata X5

 

Hasilnya, untuk menempuh jarak sejauh 30,4 km membutuhkan daya baterai hingga 59%. Hasil ini memang terbilang cukup boros mengingat menggunakan mode berkendara ketiga. Sementara sisa baterai yang tersis yakni 41% memungkinkan motor bisa melaju hingga jarak 50 km.

   Baca Juga: Motor Listrik BMW Definition CE 04 Tertangkap Kamera Mata-Mata

Pengetesan ini dilakukan oleh pengendara dengan bobot 80 kg, kondisi jalan kering, dan kecepatan dimaksimalkan pada 50 km/jam. Mungkin jika menggunakan mode berkendara satu atau dua, motor listrik Rakata X5 bisa menempuh jarak sesuai yang disebut dalam spesifikasi yakni 60 km. Hanya saja kecepatan tersebut dirasa terlalu pelan untuk digunakan di jalan raya.

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id