7 Langkah Merawat dan Memeriksa Kesehatan Motor di Rumah

7 Langkah Merawat dan Memeriksa Kesehatan Motor di Rumah

 

Perawatan sepeda motor wajib dilakukan oleh pemiliknya, baik itu motor yang sering digunakan ataupun tidak digunakan. Perawatan membuat kondisi sepeda motor semakin prima saat dibutuhkan. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberikan sejumlah langah untuk merawat dan memeriksa motor di rumah.

"Yamaha selalu berorientasi pada kepuasan pelanggan, karena selain menghadirkan produk yang berkualitas Yamaha juga berupaya menyediakan fasilitas after-sales. Bagi konsumen yang belum sempat melakukan perawatan di bengkel resmi, kami akan berbagi tips perawatan motor sehari-hari di rumah," ujar Riyadi Prihartono selaku Manager Service CS Division YIMM dalam keterangan tertulis.

Pertama adalah pastikan aki dalam kondisi baik dengan mengecek sistem kelistrikan, cek starter, klakson, dan lampu-lampu. Kedua mengecek ketinggian oli mesin dan pastikan masih dalam batas normal. Caranya bisa membuka tutup oli dan cek level ketinggian stik oli, biasakan mengganti oli mesin setiap 3.000 km.

Cara memeriksa volume oli mesin motor honda beat

 

Ketiga cek kebocoran oli dengan memastikan tidak adanya tetesan oli dan rembesan oli di sekitar mesin. Pastikan juga tidak ada rembesan oli dari suspensi depan dan belakang. 

   Baca Juga: Ternyata Dua Komponen ini Perlu Diperhatikan Usai Motor Dipakai Jarak Jauh

Keempat periksa sistem pengereman untuk menjaga performa rem tetap optimal, terdapat dua cara untuk mengecek pengereman. Pertama memeriksa ketinggian level minyak rem lewat indikator di master rem. Kedua Periksa ketebalan kampas rem depan dan belakang melalui indikator keausan kampas rem.

merawat motor di rumah

 

Selanjutnya cek kondisi tekanan ban agar berkendara lebih nyaman dan performa tetap maksimal. Tekanan ban yang normal di bagian depan adalah 33 psi dan ban belakang adalah 36 psi.

   Baca Juga: Mendengarkan Musik Lewat Interkom Bisa Membahayakan Pengendara

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan motor dengan mencuci motor, dengan mencuci sekaligus mencegah karat pada bodi motor dan lainnya. Terakhir, untuk motor yang tidak terpakai agar tetap dinyalakan atau dipanaskan. Dengan demikian mesin tetap terlumasi dan kondisi aki tetap terjaga.

 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id