Akan Ada Insetif Untuk Pembelian Motor Listrik

Akan Ada Insetif Untuk Pembelian Motor Listrik

 

Untuk mendorong penggunaan kendaraan konvesional ke kendaraan listrik di Indonesia, pemerintah akan memberikan beragam insentif dan juga subsidi untuk masyarakat agar mudah mengakses kendaraan listrik.

Terlebih saat ini pemberlakuan insentif tersebut tinggal menunggu persetujuan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), Moeldoko menyebut insentif ini nantinya akan diberikan untuk semua jenis kendaraan listrik, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga transportasi umum. 

"Insentifnya berapa yang pas untuk memberikan subsidi. Angkanya sudah ketemu tapi belum bisa diumumkan karena harus melalui Menteri Keuangan," kata Moeldoko dikutip dari siaran persnya, Selasa (8/11).

     Baca Juga:  Ion Mobility Luncurkan Motor Listrik di IMOS 2022, Segini Harganya

Nantinya, insentif ini diperlukan untuk mempercepat pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Moeldoko pun mencontohkan Thailand dan Vietnam yang mendukung perkembangan kendaraan listrik lewat insentif.

Motor Listrik Polytron Evo

Sementara itu, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) tengah mengusahakan perihal subsidi motor listrik di Tanah Air. Namun untuk keputusan akhirnya, AISI menyerahkan semuanya kepada pemerintah.

“Kita serahkan kepada pemerintah. Kalau pemerintah memang melihat bahwa akan diberikan subsidi, kami akan menyambut baik,” kata Ketua Umum AISI, Johannes Loman pada pameran IMOS 2022, Rabu (2/11).

      Baca Juga: Bedah Spek Lengkap Motor Listrik Charged Rimau, Cocok Buat Boncengan

Pihaknya sudah melakukan diskusi dengan pemerintah. Dalam diskusi tersebut, AISI mengaku telah memiliki rencana untuk mengadakan subsidi motor listrik. “Sudah ada rencana, tapi belum bisa kami sampaikan,” papar Loman.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id