Alasan Motor Listrik Konsep Yamaha E01 Tidak Langsung Dijual

Alasan Motor Listrik Konsep Yamaha E01 Tidak Langsung Dijual

 

Yamaha memamerkan sebuah motor listrik konsep di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 bernama E01. Model ini sebelumnya telah muncul di Tokyo Motor Show 2019 dan kembali hadir di Eropa beberapa waktu lalu. Meskipun sudah dipamerkan untuk Indonesia, ternyata model ini masih dalam bentuk konsep dan tidak dijual.

Antonius Widiantoro selaku Public Relation Manager PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM) mengaku memang belum berencana menjual motor listrik E01. Menurutnya saat ini tujuan Yamaha memamerkan motor konsep listrik tersebut untuk dapat melihat reaksi pasar. Sehingga peminatnya belum dapat membawa pulang motor listrik tersebut.

   Baca Juga: Motor Listrik Yamaha E01 Mampu Tempuh 104 Kilometer!

"Belum dijual, sebenarnya kami men-display di sini karena kami juga ingin bisa mendapatkan reaksi dari pasar seperti apa terkait dengan produk E01 ini. Jadi saat ini masih sebagai model konsep, di-display di IIMS sebagai model konsep," ujar Antonius Widiantoro kepada OtoRider, Kamis (31/3).

Yamaha E01 IIMS Hybrid 2022

Di sisi lain, Honda juga telah memiliki motor listrik bernama PCX Electric. Pesaing dari Yamaha itu telah memamerkan motor tersebut selama beberapa tahun silam, namun nasibnya sama yakni belum dijual secara masal. Honda hanya melakukan kerja sama kepada sejumlah perusahaan untuk melakukan riset, mungkinkah Yamaha mengambil langkah yang sama?

   Baca Juga: GALERI: Motor Listrik Bergaya Skutik Maxi, Yamaha E01

"Saat ini kami belum ada rencana ke sana. Ini di-display karena di Eropa sudah diperkenalkan. Kami juga ingin men-display di sini sebagai model konsep. Jadi untuk sampai ke sana (kerja sama perusahaan) belum ada rencana," pungkasnya.

Motor listrik konsep Yamaha E01 disebutkan memiliki penggerak berkekuatan 8,1 kW yang dapat melaju hingga 100 km/jam. Dari segi jarak, Yamaha E01 dapat menempuh 104 kilometer dengan persyaratan kecepatan rata-ratanya hanya 60 km/jam. Dengan spesifikasi tersebut, Yamaha mengklaim motor listriknya setara dengan motor bensin berkapasitas 125 cc.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id