Masih Jadi Konsep, Yamaha E01 Tak Bisa Lepas Baterai

Masih Jadi Konsep, Yamaha E01 Tak Bisa Lepas Baterai

 

Yamaha E01 menjadi motor listrik konsep yang dipamerkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Motor tersebut saat ini sedang mejeng di Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Beberapa spesifikasi dari Yamaha E01 pun sudah diketahui, salah satunya adalah baterai yang tidak bisa dilepas.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Antonius Widiantoro selaku Public Relation Manager PT YIMM. Anton mengatakan baterainya tidak bisa dilepas pasang dan diisi dayanya secara terpisah. Sehingga untuk mengisi daya baterai harus dilakukan langsung bersamaan dengan motornya.

   Baca Juga: GALERI: Motor Listrik Bergaya Skutik Maxi, Yamaha E01

"Baterai tidak bisa dilepas, jadi baterainya itu di dalam, sistemnya charging. Kalau berdasarkan data teknis yang kemarin disampaikan di Eropa dan Jepang, itu jangkauannya bisa sampai 104 kilometer. Tetapi itu ada syarat dan ketentuannya, berdasarkan hasil tes yang dilakukan internal Jepang, dengan kecepatan lebih kurang 60 km/jam bisa mencapai 104 kilometer," ujar Anton kepada OtoRider, Kamis (31/3).

Yamaha E01 IIMS Hybrid 2022

Padahal Pemerintah Indonesia sedang gencar mewacanakan sistem motor listrik dengan baterai swap. Untuk mendukung ekosistem ini, tentunya membutuhkan baterai yang bisa dilepas dari motor listrik. Namun pabrikan garpu tala itu beralasan masih ingin mencoba melihat respon dari masyarakat Indonesia terkait Yamaha E01.

   Baca Juga: Motor Listrik Yamaha E01 Mampu Tempuh 104 Kilometer!

"Makanya kami ingin dapat reaksi dari market. Kami ingin tahu masyarakat itu keinginannya seperti apa? Kemarin kan sudah kami luncurkan juga E-Fino di tahun 2017 lalu dengan sistem replace baterai atau swap baterai. Karena saya yakin, masing-masing punya plus minus, dari segi replace atau charging," pungkasnya.

Motor listrik konsep Yamaha E01 disebutkan memiliki penggerak berkekuatan 8,1 kW yang dapat melaju hingga 100 km/jam. Dari segi jarak, Yamaha E01 dapat menempuh 104 kilometer dengan persyaratan kecepatan rata-ratanya hanya 60 km/jam. Dengan spesifikasi tersebut, Yamaha mengklaim motor listriknya setara dengan motor bensin berkapasitas 125 cc.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id