Menhub Sebut Harga Motor Listrik yang Cocok di Indonesia

Menhub Sebut Harga Motor Listrik yang Cocok di Indonesia

 

Pemerintah Indonesia tengah gencar membangun industri kendaraan listrik, baik untuk model maupun infrastruktur pendukungnya. Hal itu membuat produsen otomotif terus meluncurkan motor listrik baru di Tanah Air.

Namun yang perlu menjadi catatan, harga motor listrik di Indonesia masih terbilang mahal. Motor listrik diklaim seharusnya bisa lebih murah dari yang dipasarkan saat ini.

“Kalau harga motor listrik 16 juta dengan kondisi motor yang menarik dan kualitas baterai yang baik, ini akan sangat menarik bagi masyarakat,” ujar  Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022, Kamis (29/4).

Motor listrik

      Baca Juga: Husqvarna Rilis EE 3, Motor Trail Listrik untuk Anak

Dirinya menambahkan terdapat tiga hal yang harus diupayakan untuk menciptakan kendaraan listrik ekonomis. Pertama, membuat baterai dengan harga kompetitif namun memiliki daya jelajah tinggi, kedua adalah memproduksi motor produk dalam negeri, dan ketiga yaitu memperbanyak stasiun pengisian baterai. 

“Apabila ketiga hal ini dilakukan dengan sistematis akan memberikan harga kendaraan listrik yang relatif lebih murah,” ujar Budi.

Motor listrik

Dengan harga yang lebih murah, diharapkan akan tercipta ekuilibrium keekonomian kendaraan listrik,  yang mana akan terjadi keseimbangan antara jumlah yang diproduksi dengan penggunanya. 

“Pada titik tertentu akan terjadi jumlah ledakan antara produksi dengan pengguna kendaran listrik. Saya yakin kendaraan listrik memiliki masa depan yang baik,” tutur Menhub.

        Baca Juga: Berminat Meminang Motor Listrik? Ketahui Dulu Beberapa Hal Ini

Motor listrik

Menhub juga mengapresiasi upaya kolaborasi dari perguruan tinggi, peneliti, dan sektor industri yang turut mendukung pemerintah untuk mewujudkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

“Regulasi dan kebijakan dari pemerintah, serta kajian dan penelitian dari perguruan tinggi akan menjadi lengkap ketika industri melakukan inovasi dan menangkap peluang industri kendaraan listrik yang potensinya sudah terlihat di depan mata,” kata Menhub.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id