Menteri BUMN: Motor Listrik Buka Peluang Lapangan Kerja Baru

Menteri BUMN: Motor Listrik Buka Peluang Lapangan Kerja Baru
Selasa, 18 Oktober 2022 14:30
Gemilang Isromi Nuar

Saat ini pemerintah sedang menggalakkan peralihan kendaraan Internal Combustion Engine (ICE) ke Battery Electric Vehicles (BEV) atau kendaraan listrik berbasis baterai. Nantinya, industri mobil dan motor listrik berpeluang menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi para kreator muda Indonesia.

"Dari dulu senang bikin motor, beli motor tapi karburator di dalam motornya tidak bisa bikin sendiri. Ke depan siapa tahu para kreator muda Indonesia yang biasa membuat motor dan mobil kustom, ini menjadi lapangan pekerjaan baru karena tinggal membeli baterai listriknya saja. Ini yang harus kita pikirkan," ujar Menteri BUMN, Erick Thohir dalam acara SOE International Conference di Nusa Dua, Bali, Senin (17/10) yang disiarkan di YouTube Kementrian BUMN.

      Baca Juga: ITS Surabaya Bakal Bikin Motor Listrik Khusus Pegunungan Papua

SOE International Conference

Ia juga menambahkan industri kendaraan listrik bakal membuka peluang menciptakan lapangan kerja yang baru. Ia mencontohkan para builder motor yang jumlahnya cukup banyak di Indonesia bisa membuat produk motor listrik karena komponennya lebih sederhana.

Peralihan motor listrik sendiri memang masih membutuhkan biaya yang cukup besar. Terkait hal tersebut, pemerintah berupaya mengadakan subsidi kendaraan BBM ke listrik. 

“Kami bersama Kementerian/Lembaga dan unsur terkait, tengah berdiskusi mengupayakan ada subsidi untuk melakukan konversi dari kendaraan BBM ke listrik. Khususnya untuk sepeda motor,” ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat menghadiri program konversi sepeda motor BBM ke listrik yang diinisiasi oleh Kementerian ESDM, Senin (19/9).

Motor Listrik Gesits PLN

      Baca Juga: Dorong Penggunaan Motor Listrik, PLN Siapkan 70 SPBKLU

Menhub mengatakan, subsidi konversi dapat dilakukan dari pengalihan alokasi anggaran subsidi BBM. “Dari pemerintah daerah juga bisa menginisiasi untuk mengalihkan anggaran yang kurang produktif, agar dialihkan untuk memberikan subsidi biaya konversi ke kendaraan listrik,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.