Mengenal Istilah Water Hammer di Mesin Motor, Apa Bahayanya?

Mengenal Istilah Water Hammer di Mesin Motor, Apa Bahayanya?
Rabu, 19 Oktober 2022 12:15
Ruslan Abdul Gani

Musim hujan telah memasuki sejumlah daerah di Indonesia pada penghujung 2022 ini. Intensitas hujan yang cukup deras biasanya membuat beberapa ruas jalan mengalami banjir. Meski demikian, mobilitas harian pun masih harus dilakukan, makanya banyak yang rela menerobos banjir. 

Masalah yang sering muncul ketika motor tidak berhasil melewati banjir ialah water hammer. Kondisi ini bisa terjadi saat motor terendam air atau melewati area dengan genangan yang cukup tinggi. Lantas, apa sih water hammer?

   Baca Juga: Intip Harga Terbaru Honda Supra GTR dan Yamaha MX King (Oktober 2022)

Fajri selaku Mekanik dari Bellissimo Indonesia menjelaskan water hammer adalah kondisi dimana air masuk ke dalam ruang bakar dengan kapasitas yang banyak dan merusak mesin. "Air itukan tidak bisa dikompresikan, sehingga sangat berbahaya terhadap komponen mesin yang sedang bekerja," ucap Fajri saat ditemui OtoRider di Serpong, Tangerang Selatan.

Ilustrasi banjir

Pasalnya, air yang masuk ke ruang bakar akan menyebabkan piston pecah. Tidak hanya piston, komponen lain seperti setang piston juga bisa ikut bengkok. "Siklus kompresi itu sifatnya maju dan mundur, langkah hisap dan buang. Jadi kalau ada air masuk, piston yang bergerak tertahan oleh air itu seperti dipalu, makanya bisa pecah," ujar Fajri.

Sifat air yang masuk ke dalam ruang bakar dan terkompresi akan mirip seperti besi. Makanya, diibaratkan piston sama saja beradu dengan besi, sehingga diberi istilah water hammer. Water hammer umumnya terjadi bila air yang masuk itu dalam jumlah banyak, kalau hanya sedikit sekali tidak masalah.

   Baca Juga: Disebut Cepat Habis, Berapa Lama Usia Pakai Ban Motor Soft Compound?

Ada dua tempat yang menjadi sumber masuknya air hujan ke dalam ruang bakar. "Pertama bisa dari filter udara, lalu masuk melewati intake dan klep. Kedua dari lubang buang alias knalpot," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.