Tindakan Pertama Ketika Motor Listrik Mati Usai Lewati Banjir

Tindakan Pertama Ketika Motor Listrik Mati Usai Lewati Banjir
Kamis, 13 Oktober 2022 12:45
Gemilang Isromi Nuar

Motor listrik mulai banyak digunakan masyarakat Indonesia sebagai alat transportasi. Namun, saat musim hujan cukup menghawatirkan bagi pemilik kendaraan listrik. Layaknya motor konvesional, motor listrik juga bisa mati saat menerjang banjir. Pasalnya, risiko air masuk ke dalam komponen penting di motor listrik lebih besar saat terendam banjir.

Lalu, kalau motor listrik terendam banjir dan mati, apa yang harus dilakukan? Herwan Kristi selaku Project Manager Divisi Elders Electric membeberkan hal pertama yang perlu diperhatikan usai motor listrik menerjang banjir.

"Cabut baterai. Setelah itu bersihkan semua soket-soket atau konektor kabel," ujar Herwan Kristi saat dihubungi OtoRider.

       Baca Juga: VIDEO: SMOTO TC dan TC-MAX, Motor Listrik Bertampang Retro

Motor listrik

Pemilik motor listrik pun tidak disarankan menerobos banjir dengan ketinggian hingga bagian ban terendam seluruhnya. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi bagian sentral di motor listrik. Selain itu, bila motor listrik ingin dicuci habis terkena banjir, ada hal yang harus diperhatikan.

"Jika ingin mencuci motor listrik, soket colokan charger harus tertutup, Miniature Circuit Breaker (MCB) dimatikan supaya tidak ada sambungan listrik yang masuk dari baterai ke hub alias motor listrik," kata Herwan.

       Baca Juga: Baterai Motor Listrik di Indonesia Akan Seragam, Mulai Kapan?

Motor Listrik Smoot Tempur

Sementara itu, Ady Siswanto dari bengkel PetrikBike menghimbau agar jangan sekali-kali motor listrik menerjang banjir. Karena, dapat menyebabkan motor mati. "Motor listrik tidak aman jika dipaksa menerjang banjir, pasti mati. Tapi kalau genangan saja bisa," ujar Ady kepada OtoRider.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.