Segini Batas Aman Motor Listrik Terjang Banjir

Segini Batas Aman Motor Listrik Terjang Banjir
Kamis, 13 Oktober 2022 12:05
Gemilang Isromi Nuar

Memasuki musim hujan, banjir terjadi dimana-mana. Namun, sejumlah aktivitas menggunakan kendaraan masih tetap berlanjut, salah satunya pengendara motor. Ragam pilihan motor pun tersedia, mulai dari mesin bensin dan tenaga listrik. Akan tetapi, sepeda motor listrik lebih rentan ketika menghadapi banjir ketimbang motor bensin karena sangat mengandalkan sistem elektronik.

Lalu, jika terpaksa harus menerjang banjir, seperti apa batas aman bagi motor listrik? Herwan Kristi selaku Project Manager Divisi Elders Electric pun memberikan penjelasan lengkap.

Menurutnya, rekomendasi ketinggian genangan air yang bisa dilewati motor listrik maksimal setengah roda, lebih dari itu ada risiko lebih berat. "Sebatas wiring ke bawah aman," ujar Herwan saat dihubungi OtoRider.

    Baca Juga: Sambut KTT Presidensi G20 Bali, AHM Siapkan 20 Kendaraan Listrik

Motor listrik

Wiring motor listrik adalah rangkaian kabel penting dalam kelistrikan. Setiap kabel saling berhubungan menjadi suatu rangkaian untuk menyalurkan arus listrik ke seluruh perangkat yang ada di motor.

Komponen motor listrik umumnya sudah waterproof. Tetapi, kalau terendam banjir yang cukup dalam bukannya tidak mungkin ada komponen yang mengalami korsleting. Jadi layaknya motor konvesional, jika terdapat genangan air atau banjir sebaiknya hindari saja.

       Baca Juga: Siap Kawal KTT G20, Polri Jajal 88 Motor Listrik Energica EsseEsse9+

Motor listrik

Sementara itu, apabila motor listrik ingin dicuci setelah terkena banjir, ada hal yang harus diperhatikan. "Jika ingin mencuci motor listrik, soket colokan charger harus tertutup, Miniature Circuit Breaker (MCB) dimatikan supaya tidak ada sambungan listrik yang masuk dari baterai ke hub alias motor listrik," kata Herwan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.