Amankah Motor Listrik Sering Menghantam Lubang?

Amankah Motor Listrik Sering Menghantam Lubang?
Rabu, 14 Juni 2023 14:00
Ruslan Abdul Gani

Motor listrik yang banyak beredar di pasaran saat ini dibekali dengan dinamo yang menyatu dengan pelek atau lebih dikenal sebagai hub drive. Melihat posisi komponen dinamo yang menyatu dengan roda atau pelek, amankah jika sering menghantam lubang?

Thorf Putra selaku Business Developer Officer Bosch Indonesia mengatakan untuk penggerak motor listrik yang model hub drive harus berhati-hati terhadap lubang. "Soalnya komponen dari motor listrik hampir seluruhnya ada di bagian tersebut, hanya baterai yang tidak ada di bagian tersebut," ujar Thorf.

   Baca Juga: Kian Dekat, Vespa Elettrica Bakal Meluncur di Indonesia Tahun Ini?

Hub Drive Motor Listrik

Berbagai komponen penting ada di dalam dinamo motor listrik, mulai dari magnet,koil, dan sebagainya. Oleh karena itu, apabila terkena benturan keras dengan lubang, dikhawatirkan akan terjadi kerusakan serius pada komponen tersebut.

"Dikhawatirkan bisa rusak, paling parahnya bisa mati mendadak. Memang sebetulnya kerusakan di bagian hub drive masih bisa diperbaiki, tapi tentu saat ini belum banyak bengkel yang bisa menanganinya. Jadi, harus hati-hati jika melewati lubang di jalan," jelasnya.

Hub Drive Motor Listrik

   Baca Juga: Bantuan Subsidi Motor Listrik Sepi Peminat, Ini Kata Menperin

Tak hanya dinamo, pelek yang menempel dengan hub drive juga bisa saja peyang jika sering menghantam lubang. "Kalau peleknya rusak harus ganti satu set dengan dinamonya, soalnya belum dijual secara terpisah," terangnya.

Nah, kalau harus mengganti satu set dengan dinamo tentunya harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Jadi, sebaiknya para pengguna motor listrik hub drive harus berhati-hati ketika melewati lubang.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.