Ternyata Ini Alasan Pembalap MotoGP Punya Postur Tubuh Kecil

Ternyata Ini Alasan Pembalap MotoGP Punya Postur Tubuh Kecil
Rabu, 14 Juni 2023 18:00
Ruslan Abdul Gani

Penggemar MotoGP mungkin pernah memperhatikan postur para pembalap yang umumnya tidak terlalu tinggi dan juga besar. Tinggi badannya rata-rata 170-177 cm, cukup rendah bagi standar orang Eropa.

Melansir dari Flowracers, rata-rata tinggi badan pembalap MotoGP ialah 5′ 8 inci atau 172 cm dan berat 143 lbs atau sekitar 64,8 kg. Ternyata para pembalap berpostur tubuh tidak terlalu tinggi dan besar punya banyak keuntungan. 

   Baca Juga: Update Klasemen MotoGP 2023 Usai Seri Mugello, Italia

Marc Marquez dan Alex Marquez

Salah satunya karena bisa lebih menghemat bahan bakar. Setiap motor MotoGP dialokasikan maksimal 22 liter untuk balapan. Pengendara yang berbobot lebih ringan pasti menggunakan lebih sedikit bahan bakar, berarti efisiensi bahan bakar lebih baik.

Pasalnya, jika konsumsi bahan bakar lebih boros, maka motor bisa kehabisan bensin sebelum balapan usai. Hal ini sempat terjadi beberapa kali, sehingga menghalangi kesempatan pembalap untuk naik podium.

Selain itu, pembalap yang lebih pendek dan kecil juga cenderung kurang lebar. Keuntungannya secara alami bisa mengurangi hambatan yang lebih rendah dan gesekan ban lebih sedikit.

Dani Pedrosa

   Baca Juga: Pembalap MotoGP Turunkan Kaki Sebelum Tikungan, Apa Fungsinya?

Baru-baru ini, ada seruan untuk mengubah aturan kelas mesin yang lebih besar, yakni meminta bobot minimum pengendara dan bobot motor digabung. Di Moto2 dan Moto3, aturan menetapkan berat minimum gabungan untuk motor dan pengendara masing-masing adalah 217 kg dan 152 kg.

Jika berat gabungan motor dan pengendara berada di bawah berat minimum yang diizinkan, maka pemberat bisa ditambahkan ke motor untuk mencapai minimum yang dipersyaratkan. Hal ini tentu menguntungkan, karena bisa mengoptimalkan pusat gravitasi di motor.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.