Januari 2024, Ada Kebijakan Standarisasi Baterai Motor listrik

Januari 2024, Ada Kebijakan Standarisasi Baterai Motor listrik Ilustrasi baterai motor listrik.
Jumat, 29 Desember 2023 23:00
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Meskipun saat ini pilihan motor listrik menjamur, tetapi infrastruktur yang digunakan untuk swap baterai masih beragam. Hal ini menjadi kendala bagi pemilik, karena tidak bisa bebas mengganti baterai di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang ada.

Untuk itu, Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang akan mengeluarkan aturan mengenai standarisasi baterai untuk motor listrik pada Januari 2024.

"Akan ada sebuah terobosan besar mengenai standarisasi baterai untuk motor listrik, mudah-mudahan," ujar Agus dikutip dari Antara, Jumat (29/12).

Menurut Agus, bagi pengendara motor listrik dari Aceh, bisa dengan nyaman berkendara sampai ke Papua. "Karena dia yakin bahwa substation yang ada di dalam perjalanannya itu menyediakan standar yang sama, tidak hanya untuk satu merek tertentu," papar Agus.

Dalam menentukan kebijakan standarisasi baterai untuk motor listrik harus dilihat berdasarkan apa yang menjadi kebutuhan para pengguna, bukan dari hasil keputusan sebuah organisasi di tingkat atas.

"(Ditjen) ILMATE terus-menerus melakukan pembicaraan, diskusi, dialog dengan berbagai pihak, khususnya di sini adalah dengan industri penghasil motor listrik itu sendiri, dan industri penghasil baterai itu sendiri, dan juga kita bicara dengan PLN," ucap Agus.

Standarisasi baterai juga diharapkan mendorong pelaku industri baterai di dalam negeri ikut berkembang. Alhasil, dengan adanya standarisasi ini akan menguntungkan pengguna motor listrik maupun konversi. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.